Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Membangun Rumah Indah Di Lahan Berkontur

rumahku.com

TIPS Membangun Rumah Indah Di Lahan Berkontur

Jika kamu mempunyai lahan yang berada di lembah yang berkontur curam dan tajam sebenar nya itu bisa menjadi potensi untuk di jadikan rumahan yang tidak terlalu mengganggu. Dan nantinya jika di desain dengan sedemikian rupa akan menghasilkan rumah yang unik dan indah.

Ada cara untuk membangun rumah di lahan yang berkontur. Dalam artikel ini kita akan mengulas Tips membangun rumah di lahan berkontur. Yuk langsung saja.

  1. Cermati kondisi sekeliling lahan. Taksir kekuatan lahannya denganjalan memperharikan pepohonan yang ada dan pertimbangkan juga apakah pepohonan trsebut bisa didayangkan dalam perencanaan bangunan atau tidak.
  2. Pilih lah bagian yang paling datar di dalam tampak. Karena di situlah tempat yang bagus untuk mendirikan bangunan utama. Setelah kamu memilih bagian yang datar selanjutnya kamu bisa memilih tempat untuk membangun bangunan tambahan lainnya.
  3. Jika memungkinkan. Bagi bagian bangunan menjadi beberapa bagian yang berdiri sendiri untuk menciptakan suasana resor sekaligus memanfaatkan bukaan di setiap sisi bangunan dengan maksimal.
  4. Perbanyak bukaan yang menghadap kebagian tambahan yang paling rendah agar mendapatkan view yang lebih indah dan panorama alam tertangkap secara maksimal.
  5. Lahan yang dengan kontur yang terjal  dan tidak beraturan bisa kamu manfaatkan sebagai jalur tempat untuk jogging.
  6. Gunakan bahan-bahan baku alami baik untuk bahan dasar bangunan maupun untuk finishing nya agar serasi dengan lingkungan.

Dengan ruangan-ruangan yang terbuka yang sengaja di rancang memanjang dengan mengikuti kontur lebhan untuk melunakkan wujud bangunan yang terasa lebih indah dan nyaman untuk lihat. Kamu bisa menambahkan kolam renang dengan system over flow dengan balkon bergantung di kedua sisinya sebagai pembatas. Dengan ini kamu sebagai pemilik rumah bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang terhampar luas di depan mata.  Sebagai pemilik rumah untuk membuat lahan berkontur harus di maksimalkan sebaik mungkin. Dengan bangunan dua lantai di tambahkan dengan ruangan khusus untuk relaksasu ala spa dan bangunan serba guna yang bisa di gunakan untuk tempat beribadah. Kamu juga bisa mebuat deretan jendela memanjang agar rumah tampak lebih modern.

HAL Yang harus di Perhatikan Untuk membangun Di lahan berkontur

Pastikan Tanah Agar Tidak Rawan Longsor

TIPS Membangun Rumah Indah Di Lahan Berkontur

strictlyjazzentertainment.com

Memastikan kondisi firik pada kontur tidak rawan longsor.  Kamu harus meninjau lokasi lahan kamu untuk meganalisa apakah lahan tersebut aman atau tidak untuk di dirikan bangunan. Kamu bisa melihat dari sisi kemiringan tanah. semakin curam krmiringan tanah tersebut semakin besar potensi akan terjadinya longsor.  Disarankan untuk kondisi yang paling ideal untuk membangun rumah di lahan berkontur adalah dengan kemiringan 30°. Jika melebihi dari itu kamu bisa melakukan treatment khusus seoerti penambahan turap. Tiang Panjang atau pun borepile. Dengan menambahkan treatment tersebut maka biaya yang di keluarkan sebenar nya akan semakin banyak. Namun ada alternatif lain yaitu dengan melakukan cut dan fill. Yaitu dengan memotongtebing yang tinggi dan mengisinya dengan lahan yang lebih rendah sehingga kondisinya ideal untuk di jadikan sebagai lahan tempat membangun rumah.

Perhatikan Arah Aliran Air

TIPS Membangun Rumah Indah Di Lahan Berkontur

rumahku.com

Sebalik nya kamu memperhatikan aliran air karena jika kamu membangun di daerah aliran air tidak di sarankan. Nantinya bisa terjadi pengikatan banyak air. Akibatnya tanah bisa cenderung lemberk dan mudah akan longsor. Jika saat pembangunan di berikan beban yang lebih besar maka longsor dan penggeseran tanah pun akam terjadi. Jadi sebelum kamu membangun rumah di lahan berkontur maka harus di perharikan dari segi tanah dan aliran air yang akan melalui tanah tersebut. Maka di darankan untuk membangun di lokasi yang jauh dari aliran air dan jangan memilih di bagian paling rendah dan curam.

 

itulah beberapa tips cara membangun rumah di lahan yang berkontur. semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel berikut nya.

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

sumber referensi : majalah Grya asri

                                 : sementigaroda.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 9 = eighteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek