Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Melakukan Perawatan Pada Wallpaper Dinding Rumah

Tips Melakukan Perawatan Pada Wallpaper Dinding Rumah

Tips Melakukan Perawatan Pada Wallpaper Dinding Rumah

Mempercantik rumah dengan berbagai hiasan dan furniture sudah menjadi alasan yang penting karena setiap rumah pastinya mempunyai hiasan yang unik dan indah untuk mempercantik rumah yang bisa membuat kesan yang lebih nyaman. hiasan rumah pada dinding tembok ada banyak sekali, seperti lukisan, lampu dinding, TV, lampu-lampu dan wallpaper dinding.  tentunya hal yang paling menarik di sini adalah wallpaper dinding.

Mempunyai beragam warna dan motif membuatnya menjadi pilihan yang bisa digunakan untuk menghiasi dinding pada rumah agar tampak lebih indah dan tidak membosankan.  Wallpaper dinding ini juga sangat mudah di pasang pada tembok loh. Tentunya kamu bisa memasangnya sendiri di rumah. Namun tetap harus mempunyai sedikit ilmu agar pemasangan nya rapih. Dalam artikel ini kita tidak akan membahas mengenai cara memasang wallpaper dinding, namun kita akan mengulas cara melakukan perawatan pada wallpaper dinding agar bisa bertahan lebih lama.

Wallpaper dinding ternyata bisa bertahan hingga 10 tahun jika kamu bisa merawatnya dengan cara-cara yang benar. Jika kamu membiarkan nya bargitu saja maka dalam kurun waktu beberapa tahun warna pada wallpaper dinding akan semakin kusam, dan yang lebih parah bisa mengelupas dengan sendirinya. Jadi dengan memberikan perawatan pada wallpaper dinding tentunya sangat penting agar rumah kamu  tetap tampil cantik dan mernarik. Berikut adalah tips cara melakukan perawatan pada wallpaper dinding rumah.

 Tips Melakukan Perawatan Pada Wallpaper Dinding Rumah

Tidak Memasang Walpaper pada Dinding Yang Lembab

Untuk langkah awal dalam pemasangan wallpaper dinding yang benar adalah tidak memasang wallpaper di dinding yang lembap. Jadi sebelum melakukan pemasangan wallpaper pada dinding kamu harus memastikan kondisi tembok. Jika kamu memaksakan memasang wallpaper di dinding yang mudah lembap atau yang lembab nantinya wallpaper akan mudah berjamur dan cepat rusak. Nah oleh karena itu penting nya melakukan proses pengecekan sebelum kamu memasang wallpaper pada dinding. namun jika kamu memaksakan tetap ingin memasangnya di dinding tersebut kamu bisa mengakalinya dengan mengecat terkebih dahulu dengan cat kusus seperti, aquaproof atau cat No drop.

Untuk hasil lebih maksimal kamu bisa membersihkan tembok terlebih dahulu dari debu, kotoran atau apisan cat yang tidak merata. Untuk dinding yang baru pastikan kondisi cat sudah benar-benar kering agar wallpaper bisa merekat maksimal pada dinding.

Memperhatikan Proses Pemasangan Walpaper

dengan memperhatikan proses pemasangan tentunya wallpaper pada dinding akan lebih maksimal, meskipun terbilang mudah dalam proses pemasangan nya namun kami sarankan untuk menggunakan jasa ahli di untuk memasang wallpaper rumah agar pemasangan nya lebih maksimal dan bisa bertahan lama.  Pada saat kamu memberli wallpaper dinding biasanya ada penjual wallpaper dinding yang menyediakan jasa pemasangan.  Selain itu dengan menyerahkan kepada jasa pemasangan wallpaper dinding, untuk menghindari kesalahan pada saat pemasangan kita kamu melakukan nya sendiri, bisa saja wallpaper robek atau pemasangan yang tidak lurus.

Lebih teliti pada saat pemasangan wallpaper

Jika memang kamu tidak mendapati jasa pemasangan dinding rumah. Kamu bisa memasang nya sendiri namun harus tetap teliti pada saat pemalukan proses pengeleman pada wallpaper. Pengeleman pada wallpaper dinding dilakukan harus secara merata dan tidak meninggalkan celah. Jika tidak merata bisa-bisa nanti pada saat pemasangan wallpaper bisa saja ada gelembung pada wallpaper tersebut.

Kesalahan pada pemasangan yang tidak rapih tentunya mengurangi estetika keindahan yang di tampilkan pada dinding. jika kamu berencara mengganti wallpaper lama dengan yang baru maka kamu bisa mengelupas terlebih dahulu wallpaper lama nya, karena dengan menumpuk wallpaper lama dengan yang baru di khawatirkan pengelupasan terjadi pada wallpaper lama dan wallpaper baru pun ikut terkelupas bersamaan.

Menjaga kebersihan walpaper

Setelah kamu memasang nya dengan rapih, tentunya langkah selanjut nya kamu bisa menjaga wallpaper dalam kondisi baik. Karena bisa saja kotoran dari rumah masuk dan debu bisa saja menempel jika di biarkan begitu saja, lama kelamaan kondisi wallpaper akan kusam akibat tidak terwat. Jangan biarkan debu terlalu lama menumpuk pada dinding wallpaper, kamu bisa membersihkan debu secara rutin dengan menggunakan komoceng atau vacuum cleaner bisa juga dengan kain lap yang kembut.

Membersihkan wallpaper yang terbuat dari kertas

Untuk wallpaper yang terbuat dari kain cara membersihkan nya  hampir sama dengan cara membersihkan sofa atau karpet, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu yang menempel pada permkaan wallpaper dinding.  namun jika kamu menemui noda yang sulit untuk di bersihkan menggunakan vacuum cleaner , kamu bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya.

Membersihkan wallpaper yang terbuat dari kertas

Jika kamu menggunakan wallpaper dengan bahan kertas , kamu bisa membersihkannya dengan lap kering agar wallpaper tidak rusak. Jenis wallpaper kertas ini memang termasuk bahan yang aga rapuh. Oleh karena itu kamu bisa membersihkan nya denga lap yang kering.

Membersihkan wallpaper yang terbuat dari anyaman

Wallpaper jenis anyaman memang aga susah untuk di bersihkan karena memiliki celah kesil yang bisa menyimpan debu, tentunya itu sulit untuk di bersihkan. Untuk itu kamu harus rutin membersihkan jenis wallpaper anyam ini agar debu tidak menumpuk pada celah-celah anyaman.  Kamu bisa menggunakan lap lelmbab untuk membersihkan nya, atau kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot celah-celah kecil  agar debu bisa tersedot.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ two = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek