Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

teras rumah 1

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

Siapa sih yang tidak menginginkan rumah yang indah dan nyaman. Rumah yang indah dan nyaman di dapatkan karena kondisi rumah itu sendiri. Selain menjaga kebersihan pada rumah dan menata perabotan, kamu juga harus memperhatikan kondisi bangunan pada setiap komponen rumahmu. Kenyamanan akan terbentuk jika kondisi rumah mu dalam keadaan yang baik. Tentunya kondisi tersebut tak semena-mena di dapatkan dengan begitu saja. Ada usaha atau kiat-kiat yang harus kamu lakukan untuk membuat rumahmu selalu dalam kondisi baik, dari luar maupun dari dalam.

Kondisi rumah yang baik juga tentunya akan membuatmu PD saat membawa tamu, kerabat dan teman-temanmu. Ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika rumah mu terus dalam kondisi baik. Selain membuat mu percaya diri dan bisa membuat mu tetap nyaman, Nilai jual rumah mu juga akan tetap stabil, malah akan meningkat loh. oleh karena itu penting sekali untuk menjaga rumah dalam kedalaan baik, nah dalam artikel ini kami arsitek77 akan membagikan beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumah selalu dalam keadaan baik. Tanpa menunggu lama-lama yuk langsung saja.

Lakukan Perawatan Pada Dinding Rumah

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

rukita.co

Di kutip dari Wikipedia, dinding merupakan suatu strukutur padat yang menjadi pembatas dan bisa melindungi suatu area, pada umumnya dinding membatasi suatu bangunan dan bisa menyokong struktur lainnya. Menjadi batas dan membentuk ruangan-ruangan, atau melindungi dan membatasi suatu ruangan dari alam terbuka.  Nah dinding merupakan bagian terpenting pada suatu bangunan karena fungsinya sebagai pemisah atau yang terpenting sebagai pelindung ruangan dari alam terbuka.

Permukaan pada dinding terlihat dari luar dan dari dalam. Biasanya dinding pada bagian luar akan sangat mudah sekali mengalami kerusakan karena terkena secara langsung dengan matahari, hujan dan gangguan dari luar. Nah oleh karena itu  penting sekali untuk menjaga dindinga agar selalu dalam keadaan baik. Selain pada bagian luar, dinding yang mudah untuk mengalami kerusakan juga terdapat pada area-area yang mudah sekali lembab, seperti kamar mandi dan ruang basman yang mudah terkena rembesan air.

Menggunakan plamur pada dinding rumah bisa menutup retakan-retakan pada dinding . atau kamu bisa menggunakan epoxy untuk melindungi tembok yang mudah  terkena rembesan air seperti yang sudah di jelaksan di atas yaitu ruangan basman atau ruangan yang di khuatirkan temboknya mudah terjadi kerapuhan akibat rembesa air, dengan menggunakan epoxy maka dinding rumah akan lebih terlindungi.

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

Kamu juga perlu mengecat ulang tembok rumah kamu agar rumah selalu tampak lebih cerah dan seger, jadi pertanyaannya, kapan kah kita perlu melakukan pengecatan pada dinding rumah. Biasanya tanda pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kelayakan cat rumah adalah dengan mengusap tangan mu ke dinding, jika ada bekas cat di tangan mu, maka kamu perlu melalukan pengecatan ulang, dan tanda lain yang bisa kamu lihat secara langsung adalah dari warnanya yang sudah memudar dan kusam.

Selain itu Ketika kamu akan melakukan pengecatan pada rumah maka lakukan saat matahati tidak begitu terik agar prises pengeringan cat bisa berjalan dengan baik dan sempurna sehingga cat bisa melekat pada dinding dengan maksimal.

 

Hati-hati Untuk Memaku dinding

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

Jika kamu seorang pengoleksi lukisan atau sering menambahkan foto pada dinding rumah pastinya untuk memajang atau memasang foto tersebut , di butuhkan pengait, pengait lukisan & foto tersebut biasanya menggunakan paku yang di tancapkan pada dinding. hal tersebut ternyata jika di lakukan dengan tidak benar akan merusak permukaan dinding dan akan mengakibatkan keretakan yang menggangu tampilan dinding rumahmu

Nah cara yang bisa kamu lakukan untuk memaku tembok yang baik dan benar adalah dengan memberikan solatip terlebih dahulu dengan tanda silang. Nah paku tepat di tengah tanda silang tesebut. Setelah paku menancap, lepaskan solatip secara perlahan . penggunaan solatip ini bisa meminimalisir terjadinya keretakan pada tembok saat memaku.

Namun jika tembok rumah mu kurang berkualitas atau tembok lama. Kamu bisa menggunakan cara lain agar tidak terjadi keretakan pasa saat memaku, kamu bisa menyiramkan cuka ke dinding lalu biarkan sampai kering lalu kamu bisa mulai memaku dinding.

 

Rutin membersihkan kamar mandi

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

www.smartmama.com

Kamar mandi meruapakan ruangan pada rumah yang berfungsi untuk membersihkan badan, dan benda-beda lain. Oleh sebab itu kamar mandi sangat mudah sekali terkena kotoran. Meskipun setiap hari selalu terkena air, namun kamar mandi yang jarang di bersihkan dengan rutin akan menumbulkan kerak yang menempel pada permukaan lantai. Biasanya kerak ini berwana kuning kecoklatan. Jika kamu menemukan hal seperti itu pada kamar mandi, maka kamu harus sigap untuk segera membersihkannya. Hal ini tidak semena-mena untuk membuat kamar mandi tampil indah dan bersih, namun kamu juga bisa terhindar dari penyakit. Karena jika kamu membiarkan kamar mandi dalam keadaan kotor, maka kamu dan keluarga akan mudah untuk terkena penyakit. Selain itu kotoran yang di biarkan juga akan membuatnya membandel dan susah untuk di bersihkan, dan akan membuat area kamar mandi mu akan mudah untuk mengalami kerusakan.

Merawat jendela berbahan kayu

TIPS Melakukan Perawatan Pada Rumah Hunian

Jendela kayu mudah sekali terkena rayap, lama-kelamaan akan rusak. jika kamu menginginkan jendela kayu yang kuat mungkin kamu bisa menggunakan jenis kayu yang berkualitas seperti kayu jati dan mahoni. Namun penggunaan kayu tersebut akan menjadi masalah jika kamu memiliki butbet terbatas, karena kayu tesebut memiliki harga yang lumayan mahal. Jika kamu menggunakan kayu biasa, maka selebum melapisinya dengan cat, kamu bisa mengguanakn cara yang lumayan ampuh untuk membuat kayu tahan terhadap rayap, yaitu dengan mencampurkan oli dengan solar sekitar 3:1 kemudian aduk sampai merata. Setelah di aduk dengan merata, kamu bisa mengoleskan campuran tesebut ke permukaan kayu hingga merata, tunggu sampai mengering, selanjutnya kamu bisa melanjutkan proses pengecatan pada kayu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek