Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Desain Rumah Bergaya Minimalis Agar Lebih Maksimal

DESAIN RUMAH PAK SUJANTO

Tips Desain Rumah Bergaya Minimalis Agar Lebih Maksimal

Memiliki Rumah yang indah merupakan dambaan semua orang. Rumah minimalis indentik dengan desain yang mungil namun tetap terlihat indah. Memiliki desain yang mungil bukan berarti tidak memiliki banyak fungsi. Kesan fungsional bisa kamu tambahkan di beberapa ruang sekaligus, tetapi tetap harus memperhatikan keindahan pada rumah. Rumah yang selalu terlihat rapih dan tertata akan lebih fungsional di banding rumah yang luas namun berantakan.

Dengan pemilhan furniture yang tepat dan peletakan nya yang sesuai membuat ruangan kecil lebih rapih. Pemilihan warna yang cocok dan serasi pun akan membuat ruangan lebih hidup. Gradasi antara warna yang baik memberikan ruangan terlihat lebih luas  dan memanjakan mata.

Rumah minimalis biasanya memiliki ciri-ciri yang khas berbeda dari tumah yang lain, namn pasti nya ada yang identik. Berikut adalah ciri-ciri rumah minimalis yang bisa kamu terapkan pada rumah hunian kamu, yuk langsung saja.

Interior

Rumah minimalis biasanya banyak menggunakan interior multifungsi atau rak-rak kecil yang ditempelkan di dinding sehingga tidak memakan tempat. Selain itu, di dalam rumah minimalis juga biasanya tidak banyak sekat dinding, melainkan dipilih sekat yang mudah digeser untuk tujuan fleksibelitas.

Jumlah furniture

Penggunaan furnitur di rumah minimalis biasanya dipilih yang sederhana, fungsional, ramping, dan tidak ramai. Penting untuk memilih sofa yang motifnya sederhana, meja dengan pola ukir tidak terlalu rumit, dan kursi simpel. Sementara untuk bagian dapur, rak kabinet menjadi ciri utama dari rumah minimalis.

Pemilihan warna

Warna dasar netral biasanya banyak diterapkan pada dekorasi rumah minimalis. Alasannya karena warna ini bisa dipadupadankan dengan beberapa warna lembut dan komplementer, seperti biru laut, hijau daun, atau merah muda blush on. Selain itu, pada rumah minimalis gradasi gelap terang juga kerap diaplikasikan pada sudut-sudutnya untuk memberi kesan luas ruangan yang sebenarnya kecil.

Penting untuk diketahui, penggunaan warna yang sedikit pada rumah minimalis sangat disarankan. Pasalnya, penggunaan banyak warna justru akan membuat desain terlihat rumit sehingga ruangan terasa sesak.

Pemilihan jenis karpet

Karpet di rumah minimalis biasanya sederhana, komplementer, berwarna netral, dan dari segi ukuran biasanya tidak menghabiskan seperempat ruangan yang ada. Selain itu, karpet untuk rumah minimalis biasanya dipilih yang mudah dipindah karena syarat lain dari rumah minimalis ruangannya harus fleksibel.

 Tips Desain Rumah Bergaya Minimalis Agar Lebih Maksimal

 

Ciri-Ciri Rumah Minimalis Modern

 

Elemen garis simetris dan bersih

Bangunan bergaya arsitektur modern pada umumnya hadir dengan elemen garis sangat kuat, baik elemen garis horisontal pada denah, hingga garis-garis vertikal dan diagonal pada gubahan masa dan fasad bangunan. Garis-garis bergelombang, lengkung, atau garis-garis asimetrik cenderung jarang dijumpai pada bangunan bergaya arsitektur modern.

 Baca Juga : Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Rancangan yang terbuka dengan banyak elemen kaca

Tidak seperti bangunan tradisional umumnya, pada bangunan bergaya arsitektur modern biasanya memiliki denah lantai jauh lebih terbuka dengan minimnya keberadaan pembatas ruangan. Selain itu, pada bangunan berarsitektur modern juga cenderung memanfaatkan penggunaan kaca sehingga hunian terkesan sangat terbuka.

 

Mengutamakan fungsi daripada bentuk

Berbeda dengan rumah tradisional yang cenderung menonjolkan nilai estetika, pada rumah modern estetika bukanlah faktor utama dari bentuk sebuah hunian. Umumnya arsitektur bergaya modern lebih menonjolkan fungsi dari setiap ruangan. Apa pun bentuk yang dimiliki rumah tersebut pasti memiliki sebuah fungsi yang mendukung aktivitas penghuninya.

 

Memiliki ornamen jelas

Keberadaan ornamen tentu sangat mendukung kenyamanan sebuah rumah untuk ditinggali. Kendati demikian, pada rumah berarsitektur modern ornamen adalah hal yang perlu dikurangi penggunaannya sebab hal tersebut tidak memberikan fungsi berarti. Jika pun ada ornamen dalam rumah modern pasti memiliki bentuk yang jelas, seperti vertikal, horisontal, dan juga diagonal yang sederhana.

 Baca Juga : Mengenal Furniture Berbahan Bambu Dan Tips Merawatnya

Hubungan dengan lingkungan sekitar

Rumah dengan arsitektur modern umumnya memiliki hubungan dengan topografi dari lingkungan atau tapak yang sangat erat, seperti misalnya fallingwater house yang memiliki hubungan langsung antara interior dan eksterior.

 

 

TIPS Memilih Rumah Minimalis

Harga Terjangkau

Rumah minimalis dengan harga terjangkau menjadi impian setiap keluarga. Salah satu pilihan hunian dengan harga terjangkau, yakni Perumnas. Dengan perumahan murah bersubsidi yang dikembangkan, menjadikan produk perumnas banyak diminati.

Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal penting dalam kepemilikan rumah. Lokasi strategis akan memudahkan pemiliknya untuk beraktivitas, baik bekerja, belanja, sekolah, dan berbagai kegiatan lainnya. Terkait hal ini, perlu mempertimbangan akses jalan dan transportasi. Lokasi sebaiknya mudah dijangkau dengan kendaraan apa pun.

Desain Menarik

Penting dipahami, konsep hunian minimalis adalah rumah sederhana. Desainnya tidak perlu macam-macam, cukup pilih desain yang simpel dan menarik.

Nyaman Ditempati

Menentukan rumah minimalis perlu memperhatikan kenyamanannya. Tingkat kenyamanan dipengaruhi banyak faktor, seperti lokasi strategis, desain menarik, dan fasilitas lengkap. Semua harus ada.

Fasilitas Lengkap

Fasilitas hunian menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan. Kendati konsepnya minimalis, namun fasilitas rumah harus lengkap. Rumah harus memiliki ruang tamu, kamar tidur, WC/toilet, dapur, air/sumur, taman, garasi, listrik dan fasilitas vital lainnya. Kelengkapan fasilitas akan berpengaruh pada faktor lainnya.

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Sumber referensi : 123berita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek