Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips dan Trik Plafon Dalam Ruang

Tips dan Trik Plafon Dalam Ruang – Ruang tidur yang sempit dapat disiasati dengan mengecat dinding dalam warna gelap dan menaikkan sebagian plafon. Atur agar arah lampu menyorot bagian plafon yang dinaikkan agar kesan tinggi kian terasa.

Membuat langit-langit ruang terasa lebih tinggi

Salah satu masalah yang kerap kali dijumpai dalam ruang sempit adalah cara menciptakan kesan ruang yang lapang . Luas ruang yang terbatas makin berkesan penuh ketika berbagai perabot dimasukkan ke dalamnya.

Salah satu solusi untuk masalah seperti itu adalah menerapkan trik tertentu yang dapat menyiasati kesan ruang. Plafon merupakan salah satu elemen interior yang dapat dipakai untuk menjawab kebutuhan ini.

- Manfaatkan pengaruh cat. Caranya cat permukaan dinding dengan warna terang sementara permukaan plafon dengan warna gelap. Cara ini      akan  menimbulkan kesan langit-langit yang lebih tinggi dan memanjang ke atas.

- Terapkan tehnik memberi ukuran batas atas pada permukaan dinding . Caranya cat area batas atas dinding dan permukaan plafon dengan cat     berwarna terang. Sementara itu catlah batas bawah permukaan dinding dengan warna gelap . Cara ini membuat penglihatan kita menangkap kesan bahwa bidang plafon dimulai dari batas atas dinding yang dicat terang tersebut.

- Terapkan tehnik plafon yang dinaikkan (up ceiling). Cara ini ampuh untuk menciptakan langit-langit yang berkesan lebih tinggi.

- Terapkan kombinasi antara tehnik plafon dinaikkan dengan bantuan cat. Lakukan dengan sedikit modifikasi yaitu menciptakan celah horizontal di bidang vertikal plafon . Catlah permukaan bidang plafon dengan warna terang agar langit-langit teras semakin tinggi.

- Lakukan tehnik up ceiling modifikasi . Misalnya taruhlah lampu di celah atas, pada sudut permukaan antara garis sudut dinding dan garis sudut permukaan plafon. Arahkan sinar lampu ke permukaan plafon . Dengan begini permukaan plafon terlihat lebih terang  sehingga berkesan lebih tinggi daripada yang sebenarnya.

- Jika plafon anda memilki perbedaan ketinggian sisakan sedikit celah antara sudut pertemuan plafon  dan dinding. Manfaatkan celah ini untuk menaruh lampu  lalu arahkan sinarnya langsung ke bawah. Tehnik pencahayaan langsung (direct lighting) ini serta merta menciptakan plafon yang berkesan lebih tinggi daripada yang sebenarnya. Plafon Dalam Ruang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek