Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Terarium Di Dapur

Terarium adalah model atau cara menanam tanaman hias di dalam wadah yang tembus pandang  dan ditata sehingga tampak seperti taman. Jika ditempatkan di area dapur keberadaanya dapat menyegarkan ruang dapur. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah terarium :

* Beberapa media yang diperlukan antara lain pasir zeolit, tanah humus, spagnum moss , arang, bebatuan dan pasir.

* Siapkan peralatan yang akan dipergunakan untuk membuat taman miniatur dalam terarium antara lain mangkuk kaca besar, kotak kaca, botol kaca atau toples, sekop mini  untuk bercocok tanam atau sendok, penjepit, gunting, corong plastik, sprayer, ceret penyiraman, kain kasa dan kuas.

* Cucilah media kaca dengan air panas dan bersabun, bias dan keringkan.

* Buat lapisan batu atau pasir atau pasir di bagian bawah dengan tebal kira-kira 2 -3 cm. Tambahkan arang dengan ketebalan 1 – 2 cm. Dengan sendok ataupun sekop mini, tambahkan lapisan media seperti tanah humus setebal 5 – 8 cm. Buat sedikit gundukan untuk memperindah tampilan. Jika menggunakan aquarium tinggikan gundukan  di salah satu sisi sebagai latar belakang.

* Gali lubang kecil pada lapisan tanah untuk akar  tanaman. Ambil tanaman yang cocok lalu bersihkan akarnya dari sisa-sisa tanah. Potong daun yang rusak. Letakkan tanaman pada lubang kecil yang telah digalidan tutupi kaarnya dengan tanah.

* Basahi tanah namun jangan menyiram secara berlebihan cukup basahi sehingga tanah menjadi lembab.

* Anda dapat mempercantik terarium dengan menambahkna batu, miniatur taman, bahkan binatang kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek