Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Teknk Pemasangan Keramik

Teknik pemasangan keramik terbagi menjadi 6 tahap penting yaitu :

* Tahap persiapan untuk kondisi permukaan : hal paling awal yang harus dipersiapkan adalah kematangan cor beton yang akan menjadi base  atau fondasi keramik. Jangan memulai dengan cor beton yang belum matang sebab kondisi ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

* Tahap pengerjaan lapisan screed : tahap ini bisa dimulai jika permukaan beton yang dibersihkan benar-benar kering. Pasang screed  secara merata pada seluruh permukaan. Agar lapisan screed benar-benar kering amankan dengan diberi lapisan penutup.

* Tahap persiapan pemasangan keramik : agar keramik terpasang lurus dan merata buatlah semacam garis panduan meletakkan keramik. Biasanya garis ini dibuat dengan benang yang diikat dari ujung ke ujung pada permukaan yang akan dipasangi dengan keramik.

* Tahap pemasangan keramik: janganlah melakukan pemasangan dengan pencahayaan kurang. Pencahayaan yang tidak memadai dapat mengganggu kelurusan keramik yang akan dipasang.

* Tahap pemasangan nat : isi spasi antarkeramik dengan grout (bahan pengisi celah). Gunakan bantuan rubber float.

* tahap proteksi : tutupi permukaan lantai keramik yang baru saja dipasang dengan tripleks , kain terpal, atau plastik agar mengering dengan sempurna. Keramik membutuhkan waktu untuk memuai dan menyusut hingga akhirnya mencapai kestabilan. Tunggu beberapa saat agar keramik benar-benar merekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek