Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Teknik Permainan Bidang dan Komposisinya

Eksplorasi bentuk desain untuk menguatkan karakter fasade dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satu upaya yang sering dilakukan oleh perencana  (arsitek) adalah teknik permainan bidang. Prinsip dasar dari teknik permainan bidang adalah membagi bidang menjadi beberapa modul kemudian melakukan pengolahan hingga tercipta suatu tampilan (komposisi) tertentu yang menarik  dan unik. Contoh teknik permainan bidang misalnya permainan bentuk dasar geometris yaitu mengubah bidang menjadi bentuk yang tidak banyak digunakan misalnya bentuk persegi diubah menjadi sebuah bentuk geometris tidak beraturan.

Contoh lain teknik permainan bidang  untuk menguatkan karakter fasade adalah melakukan peletakan bidang utuh (massif) dan bidang kosong (berongga) dalam satu kesatuan bersinergi membentuk suatu komposisi tertentu. Selain itu teknik permainan bidang yang dapat dilakukan adalah mengolah bentuk gubahan massa, teknik massif transparan dan teknik maju mundur bidang. Beberapa macam cara tersebut tentunya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Upaya lain yang dapat dilakukan untuk membuat desain fasade tampil lebih manarik adalah dengan mengatur bidang solid dan void  pada fasade.  Bidang solid pada dasarnya adalah bidang yang tidak tembus pandang  sedangkan bidang void identik bidang yang transparan, sehingga cahaya dapat masuk dan menghasilkan penerangan secara alami di dalam ruang. Selain itu pemberian bidang transparan pada void dapat membuat bangunan tampil mewah dan elegan tetapi juga harus dilihat komposisinya agar dapat seimbang dan saling mendukung membentuk kesatuan konfigurasi elemen yang kompak dan valid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek