Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Teknik Mengolah Dinding Fasade

Selain berfungsi untuk menentukan batas pandang suatu ruang, sebagai unsur vertikal dinding juga sangat berperan sebagai media untuk kendali visualisasi fasade bangunan. Dinding merupakan media pencipta ekspresi bentuk dan estetika fasade sebuah bangunan. Untuk mengoptimalkan nilai estetika fasade perlu dilakukan eksplorasi fasade lebih detail lagi. Selain itu diperlukan juga sebuah upaya yang jeli untuk menentukan eksekusi desain fasade , karena fasade sebagai cerminan program ruang di dalamnya, fasade juga terbentuk dari elemen-elemen arsitektur yang  lain yaitu bukaan ruang (pintu, jendela, BV dan asesories) maupun pemilihan material , finishing, dan warna bangunan.

Di dalam eksekusi desain faktor finishing bangunan dan warna justru memegang peranan yang paling menonjol untuk menciptakan karakter fasade sebuah bangunan (rumah tinggal). Teknik pengolahan (eksplorasi) dinding yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan desain antara  lain: eksplorasi warna dan tekstur dinding , eksplorasi bentuk dan ukuran, membuat bukaan ruang, membuat posisi maju mundur dinding fasade, dan membuat lubang bidang fasade.

Eksplorasi bentuk dan ukuran  dinding dapat dilakukan dengan menyesuaikan gaya arsitektur dan ekspresi visual bangunan serta tuntutan struktur yang digunakan dalam bangunan tersebut.  Yang termasuk struktur bangunan meliputi dinding sebagai penyangga atap dan dinding nonstruktural yaitu dinding yang bebas tidak terikat struktur yang lain. Eksplorasi bentuk dan ukuran dinding dapat dilakukan sesuai dengan tuntutan struktur yang dominan dalam bangunan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek