Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tehnik Meletakkan Rak Penyimpanan

Tehnik Meletakkan Rak Penyimpanan

Tehnik Meletakkan Rak Penyimpanan – Peletakan rak penyimpanan sebaiknya disesuaikan dengan ruang yang tersedia dalam hunian. Pada dasarnya tidak ada hal yang menentukan di mana seharusnya rak diletakkan. Namun yang penting adalah rak harus mudah dicapai oleh pengguna serta fungsional.

* rak model berdiri

Rak berdiri merupakan rak yang langsung diletakkan pada lantai, biasanya rak ini mudah anda dapat di toko furnitur. Rak model ini tidak membutuhkan penyiku yang terbuat dari besi siku. Beban benda topang langsung mengalir ke lantai, sehingga ada baiknya kita lihat dahulu kelembaban lantai yang mau dipakai. Sebaiknya buatlah ranka besi sebagai landasan pada lantai  dan pastikan ukuran besi cukup kuat untuk menopang beban yang ditahan oleh rak.

Usahakan peletakan rak tidak mengganggu sirkulasi udara di dalam ruangan.

* Rak model menggantung

Pada kasus rumah dengan ukuran yang terbatas, minimnya tempat untuk , minimnya tempat untuk meletakkan rak sering menjadi masalah utama.  Maka peletakan rak dengan model digantung di dinding dapat menjadi solusi efektif. Dengan menggantung rak di dinding akan ada banyak sisa area yang dapat anda pakai untuk fungsi-fungsi yang lain.

Peletakan rak dengan cara digantung merupakan cara peletakan rak dengan bantuan penopang besi. Penopang ini berfungsi sebagai penahan beban Penopang sebaiknya dipasang pada jarak  tertentu . Material yang digunakan juga bermacam-macam mulai dari besi hingga kayu, semua disesuaikan dengan material utama rak.

Tehnik Meletakkan Rak Penyimpanan

Tehnik Meletakkan Rak Penyimpanan

* Rak menempel

Teknik peletakan rak seperti ini dikenal dengan istilah menempel, maksudnya rak tetap membutuhkan penopang berupa mur yang ditanam di tembok atau dengan bantuan paku pada beberapa sisinya. Sama halnya dengan rak yang digantung , rak yang ditempel cocok untuk rumah yang mungil , sehingga masih ada sisa area untuk fungsi yang lain. Sebaiknya tinggi rak yang disesuaikan dengan tinggi benda yang akan ditaruh.

 

 

Salam,

Team Desain Rumah Arsitek 77

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek