Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Taman Tematik Yang Edukatif

Pilar pendidikan yang dikemas secara nonformal muncul sebagai tema utama dari konsep taman yang diintegrasikan di banyak taman di pemukiman baru. Tak hanya menjadikan lingkungan hijau tapi juga memberikan edukasi.

Kehadiran sebidang tanah terbuka di area pemukiman sangat berpengaruh pada tatanan blok plan kawasan secara keseluruhan. Manfaat area ini selain sebagai node kawasan yang berfungsi sebagai tengaran dan fasilitas umum, juga sebagai void yang menyelingi padatnya hunian.

Berbagai gaya ditawarkan untuk memberi warna pada taman kawasan sekaligus untuk membedakannya dari taman-taman sejenis.  Sekarang banyak sekali pengembang perumahan yang menyelipkan konsep taman tematik di areal cluster yang dibangunnya.

Sejumlah tema menarik itu diantaranya ada tema transportasi, tema geografi dengan 7 keajaiban alam, tema astronomi, tema seni, dan ada juga yang bertema informasi. Semua tema itu kebanyakan dihadirkan secara atraktif disejumlah bidang tanah di setiap cluster. Seperti pada taman yang bertema seni, yang menghadirkan patung peniup seruling yang berdiri di pelataran mozaik berbentuk lingkaran. di taman ini pavement yang terbuat dari kombinasi batu kali pipih dalam susunan organik dan keramik berwarna terakota yang disususn dalam motif grid menjadi node utamanya. Hamparan rumput terlihat mendominasi taman. Hal itu membuat ruang terbuka tersebut tampak menjadi lebih luas dari sesungguhnya. Dilihat dari perangkat yang ada di dalamnya taman ini bisa dikategorikan sebagai ruang hijau dan taman bermain, karena arena sekelilingnya diletakkan berbagai permainan anak.. Sementara itu beragam tanaman dan bunga-bungaan menjadi faktor peneduhnya. Tidak ketinggalan bangku-bangku taman yang dibuat atraktif ikut memberikan keceriaan suasana. Tanaman pelindung ditanam pada titik-titik tertentu tanpa pola. Hal ini disesuaikan dengan tatanan bentuk taman yang cenderung organik. Bentuk demikian memang lebih sesuai untuk diterapkan pada taman kawasan, karena suasana yang muncul dari bentukkan semacam ini cair dan mengalir dengan lentur. Dengan demikian sangat sesuai dengan kegiatan yang terjadi di kawasan semacam ini.

(sumber : Tren)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek