Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Taman Teduh

Cahaya matahari baik pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman. Tetapi bagi pengguna taman terik matahari yang berlebihan seringkali menimbulkan ketidaknyamanan ketika melakukan aktifitas di taman. Untuk mengatasi kendala ini diperlukan naungan untuk memaksimalkan fungsi taman.

Naungan untuk mengurangi cahaya matahari dapat dirancang dalam bentuk pohon peneduh, atau dalam bentuk peneduh buatan dengan menggunakan kanopi. Keteduhan seperti ini bisa terjadi karena adanya ruang sempit yang terapit oleh bangunan yang ada di sekitarnya. Efek naungan pada area sekitarnya mau tidak mau mengubah iklim mikro di sekelilingnya yang besar pengaruhnya terhadap perancangan konsep taman.

Membuat rancangan taman teduh berbeda dengan taman yang mendapat sinar beberapa jam dalam sehari. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti pemilihan  jenis tanaman, tema warna yang diterapkan, dan penutupan tanah.

taman yang berada di sekitar area setengah teduh dengan sinar matahari tak langsung masih mungkin didominasi soft material tanaman. Dalam hal ini jenis-jenis tanaman yang suka teduh saja yang dapat tumbuh baik pada area tersebut. Pakis-pakisan, dan kelompok araceae seperti kuping gajah blanceng, anthurium, dapat digunakan untuk taman ini. Beberapa jenis tanaman bunga masih toleran dengan situasi setengah peneduh. misalnya anggrek bulan, coctus,  dan spatiphyllum.

Penutupan tanah dapat dilakukan dengan beberapa cara. lumut selaginella merupakan salah satu jenis penutup tanah-tanah yang memiliki teleransi yang tinggi terhadap situasi teduh dan lembab. Kombinasikanlah selaginelladengan batu alam untuk memudahkan akses menuju ke sudut taman lainnya.

Alternatif lain untuk penutupan tanah bisa dilakukan dengan mengombinasikan rumput dan batu alam. Batu candi hitam berbentuk persegi yang disusun dalam pola geometris dipadukan dengan rumput atau kucai kerdil yang mengisi bidang natnya.

Kolam hias menjadi salah satu alternatif solusi taman teduh karena sinar matahari yang terlalu langsung mempercepat proses pembentukan ganggang yang membuat air kolam menjadi hijau. Konsep taman teduh dapat melengkapi sebuah inner court yang menjadi unsur pendukung suasana menjadi lebih teduh di sekitarnya. Bahkan untuk menjaga kolam supaya tidak terlalu mendapat sinar matahari langsung maka di atas kolam ditutup dengan jeruji kanopi yang diberi tanaman gantung sebagai penunjang hijauan di seputar kolam.

(sumber Majalah Asri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek