Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Satu Ruang Banyak Fungsi

Satu Ruang Banyak Fungsi – Untuk menyiasati rumah mungil dengan ruang terbatas adalah berfikir positif. Ketidaknyamanan bukan merupakan harga mati untuk sebuah hunian yang berukuran kecil. Salah satu jalan keluar yang dapat anda tempuh adalah membagi ruang secara tepat dan memaksimalkan pemanfaatan sebuah ruang dengan menampung berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhan. Tetapi apabila penggabungan ruang dilakukan secara spontan tanpa perencanaan maka berakibat kondisi rumah menjadi tidak nyaman. Padahal kalau dicermati penggabungan beberapa fungsi ruang dapat menjadi daya tarik tersendiri jika dikemas dengan baik.

* Ruang keluarga dengan ruang tamu

Gunakan lemari tertutup untuk menyimpan barang-barang di ruang keluarga . Selain lebih aman, tamu yang datang juga merasa nyaman. Pakailah tempat duduk yang sesuai dengan ukuran ruang. Bisa juga digunakan karpet agar suasana menjadi lebih santai.

* Ruang keluarga plus perpustakaan

Memiliki hobi membaca dan punya koleksi buku yang menumpuk? Ubah dinding ruang keluarga menjadi rangkaian lemari kemudian isi dengan koleksi buku anda. Sehingga dengan ruang multifungsi seperti ini dapat mempertemukan dua kegiatan sekaligus dan ruang keluargapun menjadi kelihatan lebih luas.

* Bekerja di ruang keluarga

Jangan ragu menggabungkan ruang kerja dengan ruang keluarga dan perpustakaan mini anda. Gunakan kredenza yang menjadi tempat televisi sekaligus meja kerja. Selain menghemat perabotan, ruang seperti ini juga dapat memaksimalkan kualitas waktu anda bersama keluarga.

* Ruang keluarga plus ruang bermain anak

Gunakan sofa yang mudah dipindahkan. Letakkan juga karpet yang lembut supaya si kecil dapat lebih nyaman bermain. Sediakan wadah khusus untuk menyimpan mainan anak anda.

* Ruang makan plus dapur

Merapatkan ruang makan dan dapur adalah trik untuk menghemat ruang. Penggabungan kedua fungsi ini sebenarnya sudah umum diterapkan di paartemen-apatemen. Tapi tak ada salahnya langkah ini diterapkan di rumah tinggal anda. Agar kreatifitas memasak berjalan baik, pastikan anda memilih meja makan yang tidak terlalu besar. Jika anda senang memasak berikan proporsi yang lebih besar untuk dapur anda. Pilihan kursi tanpa sandaran adalah yang paling tepat untuk menghemat tempat sehingga saat tidak digunakan kursi dapat dimasukkan ke kolong meja. Pilihlah warna dengan tema yang sesuai dengan gaya huniananda. Warna hitam dan siver merupakan kombinasi tepat untuk menampilkan ruang makan dan dapur yang modern.

* Ruang keluarga plus ruang makan

Tak jarang anak makan di depan televisi. Tetapi hal ini bisa anda atasi dengan penggabungan ruang keluarga sekaligus ruang makan dengan tanpa sekat sama sekali dan  arahkan meja makan anda ke televisi. Car lain yaitu dengan mebuat ketinggian lantai yang berbeda.

*Ruang servis

Selain ruang tidur, ruang makan dan ruang keluarga keberadaan ruang servis juga penting. Ketika tinggal di rumah mungil, ruang ini mau tak mau memakan cukup banyak lahan. Untuk menghemat ruang anda dapat meletakkan area setrika di dalam kamar tidur asisten rumah tangga anda. Jika kamar anda terlalu kecil,siasati dengan furnitur built in lipat yang dapat menyimpan tempat tidur sekaligus meja setrika. Demikian juga dengan mesin cuci, anda bis ameletakkan mesin cuci di salah satu bagian kitchen set. Anda tinggal mengatur penggunaan dapur dan mesin cuci. Nah selamat mencoba cheers..

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek