Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Saat Tepat Merancang Taman

desain rumah arsitek, arsitek rumah, arsitek

Saat Tepat Merancang Taman – Musim hujan memang dapat membuat banyak masalah, entah itu masalah lingkungan maupun di rumah anda sendiri. Mulai tanah menjadi becek, banjir, tanaman banyak yang roboh dan rusak, hingga masalah pada tanaman itu sendiri yakni pembusukan pada akar yang akhirnya membuat tanaman mati. Tetapi jangan lihat sisi negatifnya saja anda perlu pula melihat sisi positifnya karena melalui hujan anda juga diringankan untuk tidak menyiram tanaman tiap hari atau anda bisa memulai untuk membuat taman.

Hal-hal yang harus anda perhatikan apabila anda berniat membuat taman :

Dalam merancang taman Antisipasi jatuhnya air: Sebaiknya anda memakai pipa saluran air untuk mengalirkan air yang jatuh dari atap. Karena jika air menyentuh taman dari atap langsung akan membuat tanaman rusak. untuk itu jika area taman terlewati oleh aliran air ada baiknya anda tidak menempatkan tanaman  atau rumput di sekitar area ini. Tapi coba buatlah semacam cekungan dengan lebar 30-50 cm dan kedalaman 7-10 cm. Lalu taburkan coral dengan diameter 3-5 cm di bagian atasnya selain mempercantik taman area ini jadi sarana pembuangan air hujan.

Dalam merancang taman Jangan salah memilih tanaman: Pilih tanaman yang cukup kuat dalam kondisi hujan maupun kemarau, tahan air, tidak mudah patah, dan akarnya tidak mudah busuk tetapi juga tidak mati di saat kemarau. Untuk rumput disarankan memilih rumput gajah, untuk pohon berkayu pilih ketapang mini, bintaro, atau jenis cemara kipas atau cemara norflok. Untuk tanaman jenis semak pilih tanaman seperti soka, dracaena, tricolor, phillodendron, fushia, batavia, dan mawar. Pilihlah tanaman yang sudah jadi dan berakar banyak. Jangan buang media yang melekat di akar agar akarnya tidak rusak. Tanam bersamaan media tanam yang baru agar tanaman tak kaget karena pindah media tanam.

Dalam merancang taman kita harus lancarkan drainase : Perhatikan kemiringan kontur tanaman. Kemiringan idealnya 2-5 derajat untuk intensitas hujan sedang sedang 2 derajat untuk intensitas hujan tinggi. Selain kontur  anda huga mesti memperhatikan pipa-pipa saluran yang dapat membantu air cepat mengalir dan tak menggenang. Lubangi  pipa dan lindungi dengan ijuk.

Dalam merancang taman kita harus Sesuaikan media tanamnya: Tanah sebagai media tanam, maka  anda perlu memperhatikan jenis tanah untuk daerah yang anda tempati. Untuk daerah yang intensitas hujannya tinggi hindari tanah merah. Untuk solusinya anda bisa mencampur tanah dengan sedikit pasir dan kompos. Kompos sangat bagus untuk memberi unsur hara di dalam tanah dan menyuburkan tanaman.

Dalam merancang taman kita harus menentukan Waktu pembuatan: Waktu membuat taman adalah 3/4 musim hujan. Jangan pada saat intensitas hujan tinggi. Setelah lewat pertengahan musim hujan baru anda bisa mempersiapkan taman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek