Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Rumput Penyejuk Taman

Tak hanya menyejukkan hunian, hamparan rumput yang hijau puu akan memperindah  tampilan taman. Tak hanya tanaman yang berupa pohon berdaun rindang, kesejukan taman juga bisa didapat dari penutup tanah. Ada beragam penutup tanah yang dapat digunakan pada taman, tapi yang paling digemari adalah rumput. Selain bisa menghijaukan taman sampai di area sudut, rumput juga berperan sebagai tanaman yang dapat menyerap air dengan baik dan bisa mengurangi debu  sehingga rumahpun tidak cepat kotor.

Ada beberapa rumput yang sering digunakan pada taman yakni rumput peking, rumput gajah, rumput gajah mini, dan rumput gajah varigata. Rumput gajah dapat tumbuh walaupun hanya mendapat sinar pencahayaan 70 %. Jadi sangat cocok diaplikasikan untuk taman rumah yang kondisinya agak teduh. Sebagai penutup tanahrumput gajah cukup mudah dalam perawatannya. Pertumbuhan yang lambat membuat rumput ini tidak cepat tinggi dan hanya membutuhkan pemangkasan setiap 3 bulan sekali. Rumput ini juga tahan terhadap cuaca dan kuat meski terinjak-injak.

Selain rumput gajah, rumput jepang dan rumput peking pun menjadi primadona . Kedua rumput ini memiliki karakter yang mirip. Bedanya rumput peking daunnya lebih halus tan tumbuh rapat jadi terlihat rapi dan membuat taman menjadi tampak lebih hijau. Sayangnya jenis rumput ini cepat tinggi sehingga setiap bulan mesti dipangkas selain itu gulmanya juga banyak jadi harus butuh perhatian khusus saat memeliharanya. Agar rumput tidak mudah rusak anda bisa menempatkan stepping stone atau pijakan kaki  di area taman. Anda dapat mebuat pijakan kaki dari material batu alam, kayu atau pavling blok. Selain itu lakukan penyiraman setiap 2 hari sekali pada pagi dan sore hari . Jangan lupa pupuk tanaman rumput setiap 3 bulan sekali. Usahakan tanaman rumput terkena sinar matahari . Kurangnya cahaya matahari membuat rumput tak bisa tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ eight = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek