Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Ramah Anak, Ini Tipsnya Menata Dapur Supaya Lebih Aman

dapur-yang-ramah-anak-696x464

Dapur merupakan bagian penting rumah. Bukan hanya tempat memasak, tapi tak jarang juga jadi tempat di mana keluarga bisa makan bersama dan bercengkerama satu sama lain. Tanpa disadari, berbagai kegiatan ringan pun sering dilakukan di dapur. Termasuk bermain bersama anak, sembari melakukan kegiatan memasak. Karenanya, kalian perlu membuat dapur ramah anak sehingga lebih aman saat anak beraktivitas di sana.

Pasalnya, banyak sekali benda yang cukup berbahaya yang berada di dapur. Sebut saja pisau, kompor, berbagai alat masak serta peralatan-peralatan tajam lainnya. Tentunya akan sangat riskan jika anak-anak di rumah sering berkeliaran di dapur. Karena melarang mereka ke dapur, tentu bukanlah hal yang cukup bijak bukan?

Jadi untuk membuat dapur lebih aman, ada baiknya membuat dapur ramah anak. Untuk mewujudkannya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan nih untuk Anda.

Meletakkan Benda Tajam Di Tempat Tersembunyi

Meletakkan benda-benda tajam dan berbahaya secara sembarangan tentu bukan cara yang tepat untuk menata dapur ramah anak. Apalagi usia anak-anak umumnya memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi. Jadi ada baiknya peralatan dapur yang tajam dan berbahaya tersebut disimpan dengan baik di tempat tersembunyi. Bukan cuma pisau, gunting dan benda tajam sejenisnya, tapi peralatan makan yang berbahan pecah-belah juga sebaiknya disimpan di tempat tersembunyi. Mengingat barang-barang tersebut bisa pecah dan melukai anak.

Letakkan Kompor Di Tempat Yang Susah Dijangkau Anak

Kompor serta tabung gas termasuk benda yang berbahaya dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain meletakkan kompor dan tabung gas di tempat yang susah dijangkau anak, kalian juga bisa memasang pengaman pada kompor seperti stove guard atau knob cover. Pengaman tersebut berfungsi untuk menghindarkan kemungkinan anak menggunakan dan memutar kompor secara sembarangan.

Pilih Perabotan Dan Peralatan Dapur Ramah Anak

Jaga lantai dapur agar tidak licin sehingga anak tidak mudah terpeleset. Pemilihan perabotan dan peralatan dapur pun sebaiknya kalian memperhatikan bahannya. Hindari menggunakan peralatan yang berbahan beling, gelas atau plastik yang tidak ramah lingkungan. Mengingat bahan yang tidak ramah lingkungan juga bisa menimbulkan penyakit.

Kotak P3K Dan Pemadam Kebakaran

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Selain memastikan dapur di rumah dibuat ramah anak, tak ada salahnya kok kalau kalian menyiapkan kotak P3K dan pemadam kebakaran di rumah. Hanya untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga bisa ditangani dengan lebih cepat. Jangan lupa meletakkannya di tempat yang aman, mudah terlihat dan mudah dijangkau. Jadi meski dalam keadaan darurat, Anda lebih mudah mengambilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = seven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek