Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Ragam Furnitur

Mengingat perannya sebagai fasilitas bagi berbagai aktivitas manusia bentuk dan tampilan furnitur tidak dapat dilepaskan dari jenis aktivitas yang melatari alasan mengapa furnitur tersebut dibuat. Hal inilah yang dijadikan dasar pengelompokan fungsi furnitur . Secara umum pembuatan furnitur ditujukan untuk mewadahi kebutuhan sebagai tempat menyimpan sesuatu di dalamnya, tempat tidur dan tempat duduk.  Beragam fungsi di atas menjadi pertimbangan dalam pengelompokan jenis-jenis furnitur yang biasa ditemui  yakni meja, lemari, tempat tidur, dan kursi. Meski demikian kenyataannya seringkali ditemui banyak fungsi yang mewadahi  dalam satu buah furnitur. Salah satunya kitchen set. Kemudian dikenal sebagai multifungsi.

* Furnitur sebagai tempat menyimpan barang : jenis ini diwakili meja ada meja kerja, meja belajar, meja konsol dll. Untuk menunjang aktivitas manusia dan seiring dengan perkembangannya meja berkembang fungsinya seperti penambahan laci atau drawer dan rak sehingga meja lebih praktis dan efisien

* Furnitur sebagai tempat menyimpan sesuatu  di dalamnya, jenis ini diwakili oleh lemari. Fungsinya untuk menyimpan berbagai barang. Berbagai jenis dan bentuk  rak serta credenza  atau buffet juga termasuk dalam jenis ini. Furnitur ini didesain dengan berpatokan pada ukuran barang  yang akan disimpannya. Hal ini juga yang membuat perbedaan ukuran antara lemari, buffet atau rak yang satu dengan yang lainnya.

* Furnitur sebagai tempat tidur, jenis furnitur ini diwakili oleh tempat tidur. Elemen penting sebuah tempat tidur adalah bidang datar  tempat tubuh terlentang. Dengan luas minimal seukuran tubuh.  Karena aktivitas tempat tidur membutuhkan waktu yang lama maka ditambahkan lapisan pengempuk agar tubuh terasa terasa nyaman. Lapisan ini dikenal dengan nama kasur atau matras. Pada salah satu ujung tempat tidur biasanya dibuat bagian yang lebih tinggi  atau bedhead  sebagai penanda bagian kepala yang juga tempat menaruh bantal di depannya.

* Furnitur sebagai tempat duduk diwakili oleh kursi. Selain tempat duduk kursi juga mempunyai fungsi  antara lain untuk memperindah ruangan, menonjolkan fungsi ruang dan melambangkan status pemiliknya. Karena terdapat berbagai macam  kursi  baik bentuk maupun bahannya  maka kursi dapat difungsikan sebagai aksen bagi interior  baik untuk ruang dalam maupun luar.  Kursi yang baik harus dirancang sesuai standar tubuh manusia. Jenis-jenis kursi umumnya berdasarkan fungsi utama kursi tersebut misalnya kursi makan. Begitu juga dengan kursi tamu, kursi kerja, kursi teras, dan sebagainya.

* Furnitur yang mewadahi banyak fungsi. misalnya kitchen set. Selain  untuk menyimpan sesuatu di atasnya juga digunakan untuk menyimpan sesuatu di dalamnya. Contoh furnitur lain yang multifungsi  seperti sofa bed, rak buku yang dipadukan dengan meja dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek