Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Proporsi Visual Fasade

Proporsi Visual Fasade – Setiap bangunan mempunyai elemen-elemen fasade yang akan menciptakan kesan tertentu dan sifatnya pengarahan. Contohnya jika anda melihat bangunan yang megah dan elegan maka sebetulnya anda melihat konfigurasi elemen fasade tersebut didominasi oleh elemen-elemen yang penataannya memanjang vertikal. Dengan demikian akan menghasilkan kesan bangunan yang tinggi, megah, dan elegan.

Kesan bangunan yang tinggi bisa diciptakan dengan beragam cara antara lain dengan menbuat jendela-jendela vertikal, kolom-kolom vertikal, bukaan ruang yang menjulang vertikal, bidang masif atau transparan yang disusun vertika maupun elemen-elemen estetika horisontal berupa list profil (moulding) atau elemen estetika vertikal lainnya.

Proporsi visual fasade yang dominan vertikal atau terlihat tinggi akan menciptakan kesan visual yang lega serta lapang baik bagi pengamat maupun penghuni yang tinggal di dalamnya. Untuk memberi kesan tinggi dan elegan pada bangunan juga dapat digunakan elemen fasade tambahan  yaitu berupa sun shading atau kulit kedua bangunan, sehingga bangunan tersebut mempunyai double fasade. Upaya ini bermanfaat untuk mencegah sinar matahari masuk secara langsung, mereduksi panas sekaligus akan menambah nilai estetika fasade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek