Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Permainan Warna dan Tekstur

Permainan Warna dan Tekstur - Pilihan warna fasade pada bangunan biasanya juga disesuaikan dengan nuansa / gaya arsitektur desain yang digunakan. Misalnya bangunan bergaya klasik mungkin lebih sesuai menggunakan warna putih agar terlihat lapang megah dan elegan. Tetapi untuk bangunan yang bergaya minimalis warna bisa variatif  dan berani. Bangunan bergaya minimalis modern banyak mengaplikasikan warna-warna primer seperti biru, merah, atau kuning menyala  dalam satu fasade yang diberi aksen putih. Paduan warana-warna primer yang cerah tidak hanya tegas dan menyolok tetapi juga harus terlihat bersih dan elegan misalnya warna primer merah, kuning, dan biru diberi aksen putih pada list (moulding) sehingga akan memberikan sentuhan nilai estetika yang tegas dan menawan.

Kreativitas lain yang dapat dilakukan dalam memperindah fasade adalah dengan mengolah tekstur . Artinya membuat fasade  menjadi berkarakter dan mempunyai kesan tertentu  misalnya permainan lembut dan kasar serta membuat bidang maju mundur pada fasade. Konsep permainan tekstur fasade pada bangunan khususnya rumah tinggal dapat berupa upaya untuk menyeimbangkan bagian yang tidak perlu ditonjolkan dan menonjolkan bagian tertentu  agar permukaan fasade menjadi berkarakter.

Tekstur pada kolom  atau dinding juga dapat diciptakan dengan membuat tali air, memberi pelapis batu alam atau batu artifisial dengan motif tertentu misalnya garis horisontal minimalis , ekspos beton, dengan plesteran kamprut dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek