Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Perlukah Topi Untuk Jendela?

Perlukah Topi  Untuk Jendela? – Pengaruh dengan arah datangnya sorot sinar matahari dan guyuran hujan yang menerpa silih berganti juga menjadi faktor yang membuat jendela pudar warnanya dan rusak.  Sinar matahari tidak menerpa langsung ke dalam rumah melalui jendela tetapi agak ditutupi oleh atap jendela , sehingga jendelapun seperti bertopi. Atap jendela inilah yang membentuk efek bayangan yang dapat mengurangi suhu panas yang mengenai jendela. Udara dalam ruangpun menjadi lebih teduh. Kusen, daun jendela dan kaca yang terlindungi atap menjadi lebih awet dan tidak mudah pudar warnanya.

Dibuat di atas jendela  dan ukuran lebarnya 30-60 cm atau disesuaikan dengan lebar jendela. Keberadaan atap jendela dapat menjadi aksen tambahan misalnya dengan pemakaian bidang datar yang mengelilingi  seakan membingkai jendela.

Posisi jendela di sisi depan, samping dan belakang rumah seringkali terpapar matahari langsung yang mungkin mengurangi kenyamanan di dalam rumah, Ada yang menempatkan tanaman gantung atau rambat untuk mengurangi panas atau silau karena matahari, dan ada yang  memasang kanopi atau awning sebagai payung  untuk jendela.  Dengan adanya kanopi paparan sinar matahari langusng dapat dikurangi sehingga udara dalam rumah menjadi stabil dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + nine =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek