Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Perencanaan Tempat Cuci dan Pembuangan Air Kotor

Jasa Arsitek Rumah Murah di Depok

Perencanaan Tempat Cuci dan Pembuangan Air Kotor - Tempat cuci adalah tempatyang dibuat khusus untuk mencuci pakaian atau alat-alat dapur danlain-lain. Tempat cuci dapat berupa ruangan terbuka dan beratap atau tidak. Tetapi tempat cuci terbuka lebih sehat karena udara bersih dari luar dapat mudah berhembus sehingga memberikan udara segar dan mengurangi kelembaban ruangan.

Lantai tempat cuci harus dibuat cukup miring agar air cucian cepat mengalir dan mudah dibersihkan . Luas tempat cuci untuk rumah tangga dengan kapasitas 10 orang minimum 2 meter, sedang untuk rumah tangga berkapasitas 20 orang minimum 3 meter. Dinding tempat cuci sebaiknya dipasangi porselen / keramik setinggi kurang lebih 1,50 cm dari lantai agar tidak mudah kena kotor terkena air cucian. Tempat cucisebaiknya dibagi menjadi bak / tempat air , tempat mencuci, dan tempat cucian. Semua harus tersusun sesuai urutan agar kegiatan mencuci berlangsung efisien dan cepat. Biasanya tempat cuci pakaian digunakan untuk meletakkan mesin cuci. Mesin cuci juga bisa diletakkan dalam kamar mandi, jika ruang kamar mandi cukup luas.

Sedang pembuangan air kotor adalah semua air kotor dari dapur, kamar mandi, dan tempat cuci  serta air kotor dari WCdan urinoar. Air kotor dari dapur, kamar mandi,  dan tempat cuci dapat disalurkan bersama air hujan  melalui saluran pembuangan gabungan.  Selanjutnya air akan dialirkan melalui saluran pembuangan air kotor kota. Saluran air harus cukup landai agar dapat mengalirkan air kotor secara cepat. Selain itu harus diperhatikan susut-sudut pembelokan saluran tersebut yakni harus tumpul agar air mengalir lancar. Di tempat-tempat tertentu untuk memudahkan pembersihan sebaiknya disediakan tempat pengendapan lumpur yang gampang dijangkau.

Pipa-pipa saluran air kotor biasanya dipasang dengan kemiringan antara 1:125 sampai 1: 25. Pada setiap jarak 15 meter dibuatkan lobang pemeriksaan. Saluran di antara dua lubang pemeriksaan harus lurus, sama kemiringannya dan sama bentuk penampangnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 1 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek