Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Penyebab Cat Tembok Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Cat Tembok Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Cat Tembok Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Melakukan pengecatn pada rumah memberikan kesan rumah cantik dan indah. tetapi apa jadinya jika cat kamu cepat terkelupas padahal pengecatan di lakukan belum lama. Ada beberapa faktor yang membuat cat terkelupas dari tembok.

Dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan sebelum terjadinya pengelupasan pada cat, maka kami arsitek77 akan merangkum nya untuk kamu cara mengatasi cat yang mengelupas pada tembok. Yuk langsung saja.

Penyebab

Ada banyak penyebab tembok menjadi rusak. Mungkin tanpa anda sadari itu adalah keslahan yang di lakukan sebelum anda mengecat rumah kamu. Dengan mengenali penyebabnya maka kamu akan mampu mendapat kan solusi dari penyebab tersebut.

- Pertama bisa jadi kamu mengecat pasa saat tembok belum benar-benar dalam kondisi kering. Hal ini mempengaruhi kualitas pada cat itu.

-  Tidak menggunakan cat dasar sebekum mengecat tembok membuat cat tidak akan meerkat sempurna pada tembok dan penyebabkan cat kan mudah sekali mengelupas.

Baca juga : Tips Membuat Dapur Selalu Tampak Rapih Dan Bersih

- Faktor dempul dan plamir yang tidak bagus atau tidak berkualitas juga bisa mempengruhi. Yang akan menjadi masalah             untuk cat dan tentunya akan membuat cat lebih mudah mengelupas.

-  Kondisi tembok yang kotor akan mempengaruhi kualitas pada saat pengecatan pada tembok

-  Tembok yang berminyak tentunya membuat cat tidak menempel sempurna pada tembok

-  Kupas cat lama. Cat lama bisa jadi akan mempengaruhi daya rekat dengan tembok.  Jadi alangkah lebih baik kupas terlebih dahulu agar cat baru dapat merekat sempurna pada tembok, hal ini sangat penting sekalipun kamu mengecat dengan cat bagus sekalpun jika kamu tidak mengupas cat lama kamu maka akan berdampak fatal.

-  Pengarih lingkungan. Lingungan juga bisa mempengaruhi kualitas perekatan cat pada tembok. Misalnya  tembok yang berdekatan dengan taman. Tentunya kandungan air pada taman akan meresap pada tembok dan akan membuat tembok menjadi lembab. Tentusaja ini akan membuat tembok cepat mengelupas.

-  Kebocoran saluran air atau tembok yang berdekatan dengan kamar mandi akan membuat tembok rumah terus dalam keadaan lembab dan basah. Di tambah lagi dengan sirkulasi udara yang kurang baik akan menyebabkan kelembaban pada tembok rumah semakin tinggi.

Penyebab Cat Tembok Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Foto: iStock

Cara mengatasi

Cara mengatasi cat yang mudah terkelupas adalah dengan memperhatikan penyebab-penyebab yang timbul. Jika penyebab nya tejadi akibat kebocoran, maka kamu harus memperbaiki sumber masalah kebcoran tersebut dengan cepat. Jika di biarkan terus bocor maka akan menimbulkan kerusakan yang sangat parah pada cat tembok. Jadi atasi setiap masalah dengan cepat agar tidak menjadi masalah yang besar.

Oleh karena itu kamu harus memperhatikan kualitas pada pipa atau talang air. Dengan bahan saluran pipa yang berkualitas akan mambu bertahan lebih awet dan tahan lama. Tetapi jika kamu sembarangan mengganti pipa dengan bahan yang kurang bagus maka hasil nya akan buruk. Akan mudah terjadi kebocoran pada rumah karena pipa yang krang bagus akan menyebabkan kerusakan seperti pecah pada pipa dan tentunya akan membuat kebocoran pada rumah kamu.

Baca Juga : Tips Menata Foto Foto rumah dengan Ciamik

Hal yang penting lain nya untuk mengatasi cat mengelupas adalah dengan menghilangkan cat lama. Jadi terlebih dahulu sebelum kamu mengecat rumah kamu bisa mengelupas cat lama. Lalu lapisi dengan cat dasar setelah itu kamu tunggu sampai cat dasar benar-benar kering. Baru kamu bisa mengecat ulang cat tembok dengan cat yang baru yang berkualitas.  Bila perlu kamu bisa mengecat rumah dengan jenis cat yang waterproof untuk mengastai perembasan air. Meskipun harga nya memang aga mahal tapi kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan cat kamu akan lebih awet dan tahan lama. Tentunya dalam janga pajang kamu tidak perlu lagi mengecat ulang tembok rumah kamu.

Jika kamu memiliki rumah yang bersebelahan dengan tetangga kamu. Jadi dinding rumah kamu dengan tetangga km tunggal dan menempel . dan tersebut merupakan kamr mandi. Sebaiknya kamu lapisi tembok sekali lagi agar rembersn tidak mudah masuk ke rumah kamu.

Baca Juga : Tips Cara Meningkatkan Daya Jual Pada Rumah Hunian

Hal yang paling penting adalah . kamu harus menghindari membangun rumah pada saat musim hujan. Pada saat musim hujan tentunya kandungan air pada material bangunan akan sangat tinggi. Dan itu akan beresiko pada bangunan rumah kamu. Selain itu bangunan akan kurang maksimal dan menjadikan pengelupasan pad cat akan mudah terjadi. Pada say musim hujan cuaca lebih cenderung lembab dan akan membuat material kamu susah untuk kering sehingga pengecatan pada saat itu tidak di sarankan. Jika kamu memksakan diri untuk mengecat rumah pada saat tembok dalam keadaan lembab maka alhasil kamu kamu akan mendapati pengelupasan pada cat kamu.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa memeprhatikan proses pembangunan rumah kamu sendiri dari awal. Selalu pastikan agar pemasangan saluran pipa dan talang air menggunakan bahan-bahan yang berkualitas . sehingga proses pembangunan dapat sesuai dengan perencanaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek