Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Penerangan Ruang Kediaman

Penerangan yang cukup baik diperlukan dalam ruang kediaman agar orang dapat leluasa melakukan kegiatan rumah tangga yang lazim tanpa merusak kesehatan mata. Rumah dengan penerangan yang cukup akan menciptakan suasana yang bebas, gembira, dan nyaman. Sumber penerangan dalam rumah adalah cahaya terang alami pada siang hari dan cahaya lampu listrik atau lampu minyak pada malam hari. Intensitas cahaya pada suatu ruang kediaman bila diukur pada bidang datar setinggi 84 cm dari lantai tidak boleh kurang dari 5 foot-candle.

Setiap kediaman harus mempunyai penerangan alami siang hari yang cukup intensitasnya sehingga diperlukan lubang cahaya atau jendela kaca bening tembus cahaya yang langsung berhubungan dengan cahaya luar. Selain itu penerangan di rumah juga juga dipengaruhi oleh:

* Jendela kaca yang sama luasnya pada kedudukan yang lebih tinggi akan lebih efektif untuk memasukkan cahayapenerangan alami siang hari.

* Jendela kaca atau lubang cahaya yang berbentuk melebar akan berguna untuk mendistribusikan cahaya setara yang lebih merata dalam arah lebar ruangan.

* Jendela kaca  atau lubang cahaya yang hanya terletak pada satu sisi ruangan dapat memberikan penerangan alami yang cukup bila lebar ruangan tersebut kurang dari dua kali tinggi sisi  atas jendela diukur dari lantai ruangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek