Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Pencahayaan Kamar Mandi

Rancanglah pencahayaan yang memberikan efek terang merata sehingga seluruh sudut ruangan bisa terlihat jelas. Aplikasi penerangan dapat dihasilhan dari pencahayaan alami dan buatan. Penerangan untuk aksen dekorasi dapat digunakan untuk menerangi meja rias ataupun cerminnya mulai dari penerangan yang tradisional  sampai yang modern. Sementara itu tempat dan dudukan lampu perlu diberi ketinggian yang tepat sehingga dapat menerangi seluruh wajah anda tanpa menciptakan bayangan di bawah mata. Penerangan pada meja rias ini sangat pas untuk menerangi wajah ketika berdandan.

Jika kamar mandi anda adalah tipe kamar mandi yang fungsional bukan untuk relaksasi , pencahayaan sederhana dan terang sudah cukup memadai. Namun jika kamar mandi anda difasilitasi dengan bathtub untuk relaksasi gunakan pencahayaan ala spa yang temaram dan menenangkan.

Ingat setiap penambahan maupun perubahan titik lampu akan berdampak pada pembengkakan rekening listrik. Oleh karena itu agar hemat, cobalah untuk mengoptimalkan cahaya matahari , khususnya di siang hari, terutama untuk jendela yang bebas hambatan dinding bangunan, baek dari area rumah sendiri maupun tetangga. Selain itu plafon kamar mandi dapat difungsikan sebagai langit-langit transparan yaitu dengan menggunakan bahan fiber. Efek matahari langsung dapat menerangi ruang kamar mandi secara alami.

Untuk kamar mandi dengan ruang terpisah gunakan pencahayaan yang bersifat menyeluruh (general light) pada area basah dengan lampu downlight yang ditempatkan pada plafon. Sedangkan pencahayaan pada area kering dapat menggunakan lampu hologen yang diletakkan di bagian bawah kabinet gantung. Jika di ruangan terdapat lemari kabinet gantung berpintu kaca, gunakan penerangan dengan efek atau pendaran cahaya lampu dari pintu kaca. Pakailah lampu neon agar hemat energi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek