Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Penataan Ruang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan

Nilai lebih dari sebuah desain selain pada tampak adalah pengaturan dan penempatan ruangan yang tepat menjadi suatu denah. Dalam merencanakan sebuah denah perlu dibuat zona-zona atau pengelompokan berdasarkan sifat dari  tiap-tiap runagan yang akan dihadirkan pada hunian.

* Zona pubrik adalah bersifat umum dimana semua orang dapat mengakses ruangan tersebut tanpa ada batasan-batasan. penempatan zona publik sebaiknya di lokasi yang mudah dilihat dan diakses baik dari depan maupun belakang rumah dan dapat juga di tengah-tengan bangunan sebagai pusat sirkulasi. contohnya ruang tamu dan teras

* Zona semi publik (semi privat) yang bersifat setengah umum di mana semua orang dapat mengakses maupun memakainya tapi ada kondisi  kondisi tertentu di mana orang tidak bisa dengan bebas menggunakannya. Penempatan zona semi publik sebaiknya di lokasi yang agak sulit diakses dan tidak dengan leluasa dipandang. Contohnya kamar mandi, ruang keluarga, dan ruang makan.

* Zona privat yang bersifat sangat penutup dimana tidak sembarang orang boleh mengakses atau menggunakannya tanpa ada izin dari pemiliknya.  Penempatan zona privat di lokasi yang bersifat tertutup dan sulit diakses. Contohnya : ruang tidur.

* Zona servis yang bersifat umum namun sengaja difungsikan untuk kegiatan penunjang. seperti halnya zona publik, zona servis juga diusahakan didesain pada tempat yang mudah diakses. Contohnya : dapur, ruang cuci, gudang, garasi dan carport.

* Bila lahan cukup luas dan bangunan berdiri tidak menempel pada sisi kiri dan kanan tembok pagar bumi, lay out tertutup dapat dipakai. Layout ini menghadirkan suasana ruangan yang tegas namun memungkinkan cahaya masuk.

* Bila lahan kecil dengan lebar terbatas sehingga memaksa bangunan diapit oleh pagar bumi lay out terbuka sangat dianjurkan untuk diadopsi. Lay out ini memakai prinsip pembagian ruang tidak harus memakai pembatas yang massif namun cukup dengan peninggian atau penurunan lantai atau plafon saja. Lay out ini menjadikan hunian terasa lapang, terang dan sejuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 5 = seven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek