Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Pelindung jendela

Jendela Adalah Mata Bangunan

Pelindung jendela – Iklim Indonesia yang tropis dengan curah hujan tinggi membuat hunian harus didesain dengan mempertimbangkan kondisi tersebut. Jendela sebagai elemen bangunan yang berada di kulit bangunan dikondisikan terkena pengaruh cuaca langsung , misalnya sinar matahari yang terik atau tetes air hujan yang dapat merusak lapisan akhir materialnya. Untuk menghindari hal tersebut seringkali jendela sengaja diberi tambahan struktur yang fungsinya menaungi atau melindungi jendela agar tidak terkena langsung pengaruh cuaca. Secara  estetika tambahan berupa pelindung ini justru mempercantik tampilan bangunan secara keseluruhan.

Teritisan merupakan bentuk penaung atau atap tambahan yang diciptakan untuk mencegah tampias air hujan memasuki bangunan. Panjang atap tambahan ini beragam mulai dari 30 cm sampai 1 meter tergantung dimensi bukaan yang dinaunginnya. Bentuk , model, dan istilah teritisan diperkenalkan ke indonesia oleh bangsa Belanda selama masa penjajajahn. Teritisan lahir sebagai solusi desain atas masalah suhu di Indonesia yang cenderung panas namun memiliki curah hujan tinggi.

Secara umum penghuni bangunan selalu membutuhkan aliran udara dan sinar matahari yang sempurna di dalam bangunan. Namun di lain pihak ketika sinar matahari terasa menyengat dan hujan turun dengan deras mengenai bangunan penghuni ingin melindungi bagian dalam bangunan dengan menciptakan pelindung . Untuk mendapatkan hal itu teritisan tak hanya sekedar sebagai penaung jendela namun juga sebagai penaung daun pintu yang berada di bagian tepi bangunan dan terkena cuaca langsung.

Dua teritisan dapat diaplikasikan untuk desain jendela yang pertama menyatu dengan struktur atap bangunan, sementara yang kedua terpisah dari struktur atap sepintas tampak hanya seperti menempel di dinding. Modelnyanyapun beragam ada yang miring atau datar.  Dari segi estetika kehadiran teritisan sebagai pelindung pintu maupun jendela dapat melahirkan bias cahaya bias cahaya yang cantik pada bangunan anda. Sebagian orang sangat menyukai pantulan sinar matahari yang jatuh menimpa sudut tertentu pada bidang dinding . Pelindung jendela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + six =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek