Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Pelengkap Jendela

Secara tehnis jendela memiliki beberapa elemen pelengkap yang memungkinkan dapat dibuka ditutup secara sempurna. Elemen pelengkap yang lazim dipakai adalah engsel, handle dan kait.

*Engsel merupakan jenis perangkat yang berfungsi menyatukan kusen dengan daun jendela. Daun jendela yang ukurannya lebih kecil daripada kusen diikat dengan engsel agar pergerakan buka tutupnya menjadi lancar. Engsel kupu dan engsel pivot adalah yang lazim digunakan. Engsel kupu  ini memungkinkan jendela dibuka selebar-lebarnya sehingga udara yang masuk ke dalam lebih banyak. Engsel ini juga memiliki tingkat keawetan tinggi.  Sementara engsel pivot memungkinkan tampilan engsel tidak terlihat dari luar. Pemasangannyapun lebih fleksibel.

* Handle dan Kunci: pada dasarnya handle merupakan alat bantu berupa pegangan yang berfungsi untuk membuka jendela. Sementara kunci berguna untuk menutup dan mengunci daun jendela. biasanya toko material menawarkan handel dan kunci dalam satu paket.

* Kait: adalah elemen jendela yang berfungsi menjaga posisi daun jendela saat terbuka. Perangkat ini umumnya dipakai pada jendela ayun, awning, dan hopper. Dengan kait posisi jendela yang terbuka akan lebih stabil dan tidak mudah tertutup kembali.  Letak pemasangan kait tergantung pad jendela yang dipakai. Pastikan kait terpasang dengan kuat . Baik pengait maupun lubang kait harus dipasang sedemikian  rupa sehingga tidak mudah berubah posisi apalagi lepas.

One Response to Pelengkap Jendela

  1. [...] Jendela adalah bukaan atau lubang pada dinding atau atap bangunan yang berfungsi sebagai jalan keluar masuk udara dan cahaya. Kehadirannya memungkinkan orang yang berada di dalam bangunan melihat ke luar. Jendela biasanya dilengkapi penutup berbahan transparan. Dengan bentuk fisik seperti ini jendela menjadi elemen transisional dalam desain arsitektur dan interior yang berfungsi sebagai penghubung visual maupun fisik antara suatu runag dengan ruang lain dan antara ruang dalam dengan ruang luar. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek