Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Merencanakan Instalasi Listrik

Merencanakan dengan baik instalsi listrik di rumah, khususnya di dapur dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

* Instalasi listrik sebaiknya dipasang sebelum dinding diplester . Begitu dinding bata terbentuk instalasi listrik dapat langsung dipasang.

* Gunakan pipa paralon agar memudahkan bila diperlukan penggantian kabel. Hindari sambungan kabel di dalam pipa. namun bila ada sambungan usahakan di atas plafon . Gunakan konektor berkualitas  dan bungkus dengan selotip listrik sehingga sambungan aman dari air dan serangga.

* Buat titik ground . Minta pada biro teknik listrik (BTL) yang memasang instalasi untuk menyediakan titik ground agar bila terjadi korsleting atau spanning, kelebihan arus dapat disalurkan ke bumi. Ground biasanya berupa batang besi (ferit) yang ditanam sedalam tiga meter ke dalam tanah, kemudian disambung kabel tembaga.

* Tentukan titik-titik instalasi listrik. Titik-titik instalasi listrik yang sudah ada  dan masih dapat dipakai jangan dibuang karena instalasi listrik tersebut masih dapat diteruskan.  Instalasi yang baru letaknya di atas konstruksi rangka atap atau ditanam di dinding. Jalur-jalur instalasinya harus dapat sesuai  dengan kebutuhan listrik di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = seven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek