Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Merencanakan Dinding Dapur

Dalam merencanakan dinding dapur pertama-tama permukaan dinding harus rata dan halus, berwarna terang dan tidak lembab serta mudah dibersihkan. Baru setelah itu buatlah dinding dari bahan yang kuat, kering, tidak menyerap air,serta dipasang rata tanpa celah atau retak. Selain itu dinding dapat dilapisi plesteran atau porselen agar tidak mudah ditumbuhi jamur atau kapang.

Keadaan dinding harus dipelihara agar tetap utuh, bersih, dan tidak terdapat bau, lawa-lawa, atau kotoran lain yang berpotensi menyebabkan pencemaran pada makanan. Permukaan dinding yang sering terkena percikan air harus dipasang porselen atau logam anti karat setinggi 2 meter dari lantai. Tinggi 2 meter sebagai batas jangkauan tangan dalam posisi berdiri sehingga dinding pada jangkauan tersebut masih mudah dibersihkan.

Untuk porselen atau keramik pilihlah keramik yang berkualitas baik sehingga tahan terhadap sabun, sampo atau sisa makanan bahkan cipratan minyak. Pilihan untuk material dinding dan penutup lantai yaitu keramik bertekstur kasar, vinyl atau batu alam. Sedang untuk dinding di belakang kompor dapat dengan mozaic tile. Hindari aplikasi plester kasar atau dinding bertekstur karena dapat menyimpan kotoran dan sulit dibersihkan.

Agar tampilan dapur menarik dapat dikombinasikan warna kepingan keramik . Warna gelap dan terang dapat dipadukan dengan dalam susunan kotak catur. Selain itu tambahan lis sebagai pembatas keramik dengan dinding plesteran dapat mempercantik tampilan dapur anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek