Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Merencanakan Dapur Sebagai Sumber Aktivitas

Membuat dapur sebagai sumber aktivitas harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

* Rencanakan dapur bersih, artinya dapur dapat dipisahkan antara dapur basah dan dapur kering . Dapur mutlak bersih beserta seluruh peralatanya , bahkan berkilau saking bersihnya. Kompor gas yang digunakan pun harus terjaga kebersihannya, tidak ada karat dan tidak ada bekas makanan yang melekat di sana. Artinya sehabis masak, dapur harus dibersihkan sampai steril.

* Sirkulasi udara harus selalu terjaga agar asap tidak memenuhi ruang dapur. Bersihnya udara di ruang dapur memungkinkan dapur , dinding, dan semua peralatan dapur tidak mudah kotor.

* Pisahkan semua aktivitas memasak , mulai dari meracik hingga mengolah dengan proses pencucian bahan-bahan mentah sehingga dapur  tampak nyaman. Lantai harus berasal dari bahan terpilih agar daerah itu tampak bersih  dan sehat. Dinding dan meja di dapurpun harus selalu terjaga kebersihannya agar tidak terkesan kotor. bahkan untuk meja, rak, dan dinding dapur  pun harus terbuat dari bahan-bahan yang lumayan baik.

* Tantangan terberat bagi dapur yang steril adalah kenyataan fungsi dapur itu sendiri yang memang akrab  dengan barang-barang yang berpotensi menimbulkan kekotoran sehingga diperlukan perencanaan tempat pencucian yang relatif luas dan nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek