Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Merawat Jendela

jendela, arsitek, desain rumah

Apa saja tips merawat jendela agar tetap terlihat tetap seperti baru? Jendela perlu dirawat agar tampilannya tetap menarik dan umurnya makin panjang. Setiap jendela membutuhkan perawatan yang sesuai tergantung pada bahan pembuatnya kayu, kaca, atau logam dan posisinya terhadap bangunan di luar ruang yang terkena cahaya matahari dan air hujan atau pada bangunan  yang dekat dengan pantai.

Ada beberapa tips merawat jendela:

* Jika tidak ada lap kertas koran bekas juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengelap kaca.

* Alternatif cairan pembersih kaca : face tonic. Caranya mudah cukup menuangkan beberapa tetes face tonik  ke permukaan kaca yang kotor kemudian dilap dengan lap bersih

* Bahan pembersih kaca yg berasal dari alam dan tidak mengalami proses kimiawi adalah tembakau. Caranya: rendam 1-2 ons tembakau berkualitas rendah selama 15 menit. Kemudian ambil kain lap dan celupkan di cairan tembakau untuk membersihkan kaca. Biarkan sisa-sisa air tembakau yang menempel selama beberap saat di permukaan kaca. Setelah itu baru usap permukaan kaca dan bersihkan sisa-sisa air tembakau dengan lap kering.

* Minyak kayu putih dan hair dryer juga dapat dipakai untuk membersihkan stiker dari kaca. Caranya ambil hair dryer untuk melepas stiker dari kaca , untuk membersihkan sisa-sisa kertas yang menempel gunakan setetes  minyak kayu putih , gosok dengan bantuan benda pipih misalnya penggaris plastik hingga benar-benar bersih.

* Untuk menhindari rayap lapisi kayu yang akan dipakai dengan cairan khusus anti rayap. selain itu juga bisa dipakai cara tradisional yaitu dengan pengapuran kayu.

* Untuk menghindari kelapukan anda bisa lapisi kayu jendela dengan cat tembok terlebih dahulu sebelum dicat dengan cat kayu biasa. Cari cat tembok dengan warna yang senada dengan kayu yang akan dipakai. Setelah itu baru lapisi dengan cat kayu. Cara ini juga akan menghemat penggunaan cat kayu.

* Untuk membersihkan karat pada bahan logam gunakan spiritus, cuka, atau alkohol. Gosokkan lap pada permukaan yang berkarat. Setelah itu bilas dengan air sabun hangat. Atau bisa juga dipakai polish khusus anti karat. Pakailah polish khusus yang spesifik  untuk jenis logam tertentu.

(Sumber: Majalah Ide)

 

 

 

One Response to Tips Merawat Jendela

  1. [...] Double Hung Window: adalah jendela yang terdiri atas 2 daun disusun secara vertilkal dan dioperasikan dengan cara menggeser salah satu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ two = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek