Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Merancang Ventilasi Silang

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang ventilasi silang adalah sebagai berikut:

* Jika lubang keluar dibuat sama luas dengan lubang masuk maka arus ventilasi yang terjadi baik untuk daerah kedudukan tubuh manusia. Lebih baik bila lubang keluar diperluas lagi.

* Membuat lubang masuk tinggi dan lubang keluar rendah tidak baik karena dapat menimbulkan daerah udara mati di bawah lubang masuk yang justru merupakan tempat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

* Jika lubang-lubang dibuat luas, ventilasi akan baik sekali karena udara yang  mengalir akan lebih banyak sehingga menjadikan ruangan lebih dingin.

* Pada lubang masuk diberikan semacam overstek sehingga angin langsung keluar lewat lubang sisi keluar.

* Jika pada sisi keluar ditambahkan satu lubang di bagian bawahmaka terjadilah perbaikan aliran udara pada daerah tubuh manusia.

* Dengan melepas sedikit overstek aliran udara menjadi lebih baik lagi.

* Dengan menambahkan kasa-kasa, ventilasi dapat berfungsi lebih optimal karena udara kotor tersaring dan mencegah masuknya nyamuk.

* Secara umum, kecepatan aliran udara di dalam bangunan antara lain ditentukan oleh perbandingan besarnya lubang keluar terhadap lubang masuk. Makin besar angka perbandingan ini semakin cepat aliran udara terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ seven = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek