Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Merancang Rumah

Pada lingkungan tropis seperti di Indonesia banyak dijumpai masalah-masalah yang timbul pada bangunan yang telah berdiri seperti rayap, lumut dll. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut perlu dicermati beberapa hal sebelum kita mendesain sebuah rumah tinggal :

* Faktor matahari: dalam merancang rumah perlu diperhatikan arah sinar matahari . Sehingga dalam penempatan jendela bisa maksimal sesuai fungsinya.

* Angin : Diusahakan dalam merancang rumah arah pergerakan angin bisa lancar. Kondisi ini dapat tercapai dengan menciptakan minimal dua lubang angin dalam satu ruangan. Namun apabila dirasa angin membawa partikel yang tidak baik untuk kondisi ruangan diperlukan pohon di sekitar rumah sebagai filter udara alami.

* Lumut dan jamur: karena Indonesia negara tropis maka harus diperhatikan mengenai kerapatan pori-pori bangunan sehingga bisa terbebas dari jamur dan lumut.

* Hujan dan kelembaban : dua faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap rumah tropis sehingga penerapan dinding kedap air sangat dianjurkan untuk ruangan yang mudah sekali basah.

* Gempa bumi: Karena Indonesia rawan gempa bumi maka diperlukan  struktur rangka rumah dengan pemakaian kolom-kolom beton bertulang yang diikat dengan sloof dan ringbalk yang cukup efektif untuk menahan rumah saat terjadi gempa.

* Biaya, bahan bangunan dan tukang :  dengan biaya yang dimiliki  dapat dipilih bahan bangunan yang sesuai dengan biaya kondisi dan selera yan gtentu saja disesuaikan dengan kemampuan tukang. Pemilihan bahan bangunan yang tepat dan ketrampilan tukang yang memadai serta perhitungan yang akurat akan meminimalkan biaya yang dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek