Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Menyulap Ruang Bawah Tangga Menjadi Toilet

Tangga tidak hanya untuk lalu lintas naik turun, area bawah tangga bahkan dapat disulap menjadi kamar mandi atau toilet. Namun jangan  lupa untuk memperhatikan perletakan jendela kamr mandi. Jangan sampai jendela kamar mandi terlalu rendah karena level rumah berada sejajar atau lebih rendah dengan ketinggian jalan raya yang ada di depan rumah.

Area yang berada di bawah tangga memiliki langit-langit rendah dan miring sesuai dengan bentuk tangga. Jarak plafon tertinggi di ruang bawah tangga umumnya berukuran sekitar 2,4 meter. Ketinggian ruang ini dianggap cukup untuk sebuah kamar mandi. Agar kamar mandi ini dapat digunakan dengan leluasa penempatan perabot kamar mandi harus memperhatikan kemiringan plafon. Jangan memaksakan menaruh sesuatu di ruang yang terbatas.

Penataan kelengkapan furnitur kamar mandi dan aksesori ruang sebaiknya mengikuti bentuk tangga. Wastafel dapat ditempatkan pada area dengan jarak plafon tertinggi sehingga penggunanya dapat berdiri dengan leluasa saat menggunakan wastafel. Sementara bathtub dapat ditempatkan di area dengan jarak plafon rendah karena bathtub tidak membutuhkan posisi saat berdiri saat digunakan. Sementara kloset dapat ditempatkan di antara area kedua fasilitas tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang cukup pada area ini karena biasanya ruang di bawah tangga cenderung lebih gelap dibanding area lainnya. Selain itu perhatikan pula kelancaran sirkulasi udara dengan menempatkan jendela atau exhaust fan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = eleven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek