Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Menyikapi Trend Kolam Minimalis

Kolam berperan penting dalam memasukkan keindahan dan keselarasan alam ke dalam bangunan dan menyatukannya dengan lingkungan alam sekitar. Kolam sebagai objek hidup yang dinamis justru memberikan roh kepada rumah minimalis yang kerap kali terkesan kaku dan dingin.

Jika kolam telah menjadi pilihan untuk taman, beberapa unsur perlu dipertimbangkan karena ada perbedaan yang mendasar dibandingkan dengan karakter taman pada umumnya.  Paduan kolam dengan komposisi tanaman darat sangat menentukan kesan keseluruhan tanaman dan bisa membantu memperlunak fisik kolam. Kolam minimalis yang menjadi pelengkap taman membentuk suatu karakter yang simpel tetapi menyegarkan.

Bentuk percabangan dan posisi penanaman dari tanaman merupakan hal yang harus diperhatikan pada perancangan sebuah kolam minimalis. Cara pandang dan gaya hidup masyarakat perkotaan dewasa ini lebih mengarah pada suatu pola yang serba simpel dan praktis.  Dari pemikiran dasar inilah lahir suatu bentuk visual yang berkesan bersih, ringan dan polos. Nilai keindahan kolam minimalis tidak mengandalkan ornamen dekoratif dan obyek artifisial, tetapi lebih bermakna pada sebuah kejujuran , bentuk, fungsi, dan penjiwaan ruang-ruang yang diciptakan.

Biasanya kolam minimalis hanya menghadirkan tanaman dalam jenis yang terbatas minimal satu jenis tanaman maksimal tiga jenis tanaman yang cenderung sederhana dan tidak terlalu mencolok. Tetapi karakter tanaman yang dipilih harus kuat  dan berkarakter. Seperti alang-alang yang lurus, atau tanaman berbunga mungil.

 

One Response to Menyikapi Trend Kolam Minimalis

  1. saptaulindo says:

    visual yang berkesan bersih, ringan dan polos, sangat memberikan inspirasi bagi saya pada minat yang sama.

    terima kasih banyak atas share nya yang bermanfaat. salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek