Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengurangi Panas dan Silau Pada Rumah

Ada kalanya sinar matahari dirasakan kurang nyaman, terutama untuk jendela rumah yang menghadap ke barat atau timur. Pad ajam tertentu sinar matahari dapat dirasakan kurang nyaman sinarnya. Untuk jendela yang  menghadap ke timur pada jam-jam 10.00 – 12.00 sinar matahari menjadi semakin terik  dan menyilaukan, sehingga ruangan menjadi semakin panas. Sedangkan untuk  jendela yang menghadap ke barat  antara jam 12.00 – 15.00 adalah panas yang tidak nyaman dikarenakan panas matahari siang hari yang paling terik turun ke arah barat..

Oleh sebab itu untuk mengurangi panas dan silau pada waktu – waktu tertentu tersebut, pemecahannya adalah dengan menghambat semaksimal mungkin sinar matahari pada jam-jam tersebut. Car terbaik adalah dengan menambahkan sirip penangkal matahariyang dapat dipasang secara horisontal di atas jendela, dipasang vertikal di samping jendela  atau bahkan gabungan dari keduanya.

Kedua sirip vertikal dan horisontal dapat pula digabungkan aplikasinya untuk mendapatkan hasil terbaik dalam mengurangi panas matahari. Semakin panjang sirip horisontal maka akan semakin panjang juga bayangan teduh yang dihasilkan sirip tersebut. Sudut yang terbentuk antara sinar datang dengan garis horisontal  atau garis tegak lurus terhadap jendela disebut bayangan vertikal yang akan bermanfaat bagi rumah yang jendelanya menghadap ke timur atau barat. Sedang sudut horisontal ,sinar dan panas yang datang dari arah samping  (untuk rumah yang menghadap utara dan selatan juga tertahan oleh sirip vertikal yang dipasang di sisi jendela. Sudut yang terbentuk oleh sinar datang dengan garis tegak lurus terhadap jendela disebut sudut bayangan horisontal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + six =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek