Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengubah Hierarki Ruang

Mengubah Hierarki Ruang – Area servis berada di depan. Inilah sebuah konsep desain yang merespon pergeseran gaya hidup.

Area servis berfungsi mendukung kegiatanarea publik dan area privat.  Area ini mewadahi kegiatan yang sifatnya melayani kegiatan pemilik. Oleh sebab itu letak area servis (dapur, ruang cuci,ruang jemur, ruang setrika, gudang mini, termasuk kamar tidur pembantu) biasanya berdekatan dengan ruang-ruang yang memerlukan jasanya. Letaknya di bagian belakang , di samping  atau terpisah dari bangunan utama.

Akan tetapi itu dulu, peletakan tadi telah berubah sejalan dengan perubahan hierarki ruang. Ruang servis tak harus di belakang. Ia bahkan diletakkan di bagian depan. Pergeseran hierarki ruang itu antar lain merupakan respons atas perubahan gaya hidup pemilik rumah yang semakin praktis, efisien, dan tidak bertele-tele.  Ruang yang tidak terlalu penting direduksi atau dilebur. Contohnya ruang tamu yang disatukan dengan dengan ruang keluarga.

Perubahan hierarki ruang seperti ini bisa anda terapkan di hunian rumah anda. Tetapi kesemuanya tentunya tidak lepas dari pentingnya fungsi-fungsi ruang di atas dan dari kecukupan lahan anda. Anda bisa meletakkan pantry di belakang garasi dan bersebelahan dengan ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga di tengah. Keadaan semacam ini justru akan menambah hangat suasana yang saling berkaitan. Bisa disampingnya anda tambahkan kolam kecil dan taman.

Untuk area privat Anda bisa meletakkan di lantai dua apabila lahan anda terbatas.  Di sana bisa diletakkan kamar tidur, ruang baca, dan kamar mandi. Untuk ruang terbukannya anda bisa tambahkan balkon dan taman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek