Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengolah Lahan Sisa

Tak hanya dalam bangunan rumah, ruang sisa juga dapat dijumpai di luar bangunan rumah. antara lain di halaman rumah, yang merupakan sisa lahan setelah dikurangi luas bangunan. Untuk membedakan pengertian ruang di dalan dan di luar bangunan ini, untuk selanjutnya akan digunakan istilah ruang atau lahan. Kedua sebutan ini memiliki pengertian yang sedikit berbeda. Istilah ruang identik dengan suatu tempat di dalam sebuah bangunan. Sementara istilah lahan dapat diasosiasikan dengan tempat di luar sebuah bangunan.

Sebagaimana ruang sisa lahan sisa juga dapat dimanfaatkan untuk beragam kegunaan sesuai dengan luas  dan keinginan pemilik rumah. Berdasarkan luasnya lahan sisa dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori: yaitu sempit, sedang, luas. Berdasarkan luas tersebut dapat ditentukan kemungkinan fungsi baru yang akan ditambahkan pada lahan sisa. Lahan sisa dapat dimanfaatkan antara lain sebagai ruang duduk teras, taman, kolam, mushola, atau sarana olah raga. Ide lainnya sebuah rumah kayu atau rumah pohon dapat ditambahkan sebagai sarana refreshing bagi penghuni rumah atau untuk dijadikan sarana bermain bagi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek