Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengetahui Ukuran Besi Beton Untuk Bangunan 1 Lantai

Mengenal Jenis Besi Beton Kelebihan dan kekurangannya

Mengetahui Ukuran Besi Beton Untuk Bangunan 1 Lantai

Jika kamu ingin membangun rumah maka kamu harus memperhatikan material bangunan yang akan di gunakan. Tentunya dengan material yang berkualitas baik akan membuat rumah menjadi kokoh dan tahan lama. Penggunaan bahan bangunan menjadi faktor yang sangat penting pada sebuah rumah. Jangan sembarangan jika membeli bahan bangunan. Kamu bisa berkonsultasi dengan jasa arsitek atau kontraktor bangunan agar kamu bisa mempunyai rumah indaman yang sesuai dengan ekspetasi.

Penggunaan besi beton dalam bangunan rumah menjadi salah satu yang sangat penting kamu perhatikan. Dari ukuran maupun jenis. Karena besi beton merupakan material bangunan yang menjadi penompang berdirinya sebuah bangunan dan mendistribusikan berat rumah penghuni nya.

Besi Beton Untuk Bangunan Rumah

Mengetahui Ukuran Besi Beton Untuk Bangunan 1 Lantai

Pada sebuah rumah tentunya terdapat besi beton yang masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda. Besi beton terdapat pada sloof, kolom dan ring balok. Semua komponen tersebut merupakan faktro penting untuk berdirinya sebuah bangunan. Tentunya semua nya harus di perhitungkan dengan matang agar proses pembangunan lebih maksimal dan sesuai dengan target yang di tetapkan. Nah untuk lebih jelas nya mari kita mengenal ukuran besi untuk masing-masing komponen yang ada pada sebuah bangunan.

 

Ukuran Besi Beton Pada Kolom

Mengetahui Ukuran Besi Beton Untuk Bangunan 1 Lantai

pengadaan.web.id

selanjutnya komponen yang memiliki material besi beton di dalam nya adalah kolom. Kolom merupakan rangka tulangan yang menghubungkan sloof dengan ring. Kolom ini yang menjadi tulangan tembok saat kamu melihat coran yang memiliki besi yang terletak di atara tembok itulah kolom.

Pada pangunan rumah komom yang digunakan umumnya memiliki ukuran 15×15 cm. sedangkan ukuran besi beton yang dugunakan sebagai tulangan utama adalah 10 milimeter, dan begel dengan ukuran 8 milimeter dengan jarak masing-masing begel adalah 15 centimeter, tebal coran 1,5 centimeter dari begel luar.

 

Ukuran Besi Beton Pada Sloof

Mengetahui Ukuran Besi Beton Untuk Bangunan 1 Lantai
blog.dtsengineering.co.id

Sloof merupakan komponen bangunan yang berfungsi untuk meratakan beban yang di terima oleh masing-masing kolom. Selain itu untuk menjaga tembok agar selalu tetap kokoh pada saat pondasi longsor.

Pada ukuran slof untuk sebuah bangunan umumnya memiliki ukuran 15 cm x 20 cm. untuk ukuran besi beton biasanya yang di gunakan yaitu minimal 10 milimeter untuk tulangan. Sedangkan untuk ukuran besi begel yang di gunakan adalah 8 milimeter dengan jarak antar begel yaitu 15 centimeter.

 

Ukuran Besi Beton Pada Ring Balok

Mengetahui Ukuran Besi Beton Untuk Bangunan 1 Lantai

johandstructure

Yang terakhir adalah ring balok. Ring balok merupakan coran tulangan yang berada di posisi atas tembok yang menyangga konstruksi atap. Untuk membuat ring biasanya ukurang yang di gunakan adalah 12×15 centimeter. Dan menggunakan besi beton sebagai tulangan utama ukuran nya yaitu 10 milimeter. Dan¬† besi begel berukuran 8 centimeter dengan jarak masing-masing begel adalah 15 centimeter. Tebal coran dari permukaan begel luar adalah 1,5 centimeter.

 

Itulah penjelasan mengenai besi beton yang biasanya di gunakan untuk sebuah banguan rumah 1 lantai, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang akan membuat rumah hunian.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek