Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

kibrispdr.org

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

Tak dipungkiri di Era modern saat ini penggunaan kayu masih sangat popular. penambahan material kayu pada rumah menjadikannya terlihat lebih mewah dan lebih memiliki nilai estetika yang baik. Namun tak semua orang bisa memanfaatkan material ini pada rumah hunian, pasalnya karna harga dan perawatannya yang ekstra. Namun jangan khuatir, jika kamu menginginkan sebuah rumah hunian yang dihiasi dengan material kayu, ada beberapa Alternatif yang bisa dilakukan, yaitu dengan menambahkan woodplank.

Woodplank memiliki bentuk yang menyerupai kayu, namun bukan terbuat dari kayu loh, dengan bentuk dan warna yang mirip dengan kayu, tentunya rumah bisa terlihat lebih mewah seperti menggunakan kayu sungguhan. Nah untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai woodplank kelebihan dan kekurangannya, Berikut artikelnya.

Apa Itu Woodplank?

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

constructionspecifie.com

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan woodplank, sebelumnya kamu harus tahu dulu apa itu woodplank. Seperti yang sudah dijalaskan diatas woodplank merupakan finishing yang mirip seperti kayu yang dibuat dari bahan campuran semen. Nah woodplank ini bisa digunakan dalam berbagai hal di dalam dunia bangunan. Contohnya untuk  lisplank, partisi, plafon dan bisa juga untuk pagar rumah loh.  tak hanya itu, penggunaan woodplank juga bisa untuk sebagai dekorasi pada bagian interior rumah karena bisa memberikan kesan yang natural dan alami layaknya kayu.

Kelebihan Woodplank

Memiliki Ketahanan Yang Lebih Baik

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

Olx.co.id

Karena woodplank terbuat dari bahan campuran semen, ini membuat nya lebih kuat dan prima, berbeda jika dibandingkan dengan kayu asli, woodplank tidak mudah terbakar, sehingga lebih aman dan bisa meminimalisir kebakaran. Selain itu ia juga tahan terhadap serangan serangga maupun rayap karena bahannya yang terbuat dari semen. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir biaya perbaikan. Dan kamu juga bisa menempatkan woodplank ditempat yang lembab seperti untuk menghiasi kamar mandi dan area yang lebih mudah terkana air. atau pada luar ruangan yang sering terkena berbagai macam cuaca dan kondisi.

Memiliki Tampilan Yang Natural Dan Cantik

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

Woodplank memiliki tampilan yang cantik dan natural sama seperti kayu asli, kamu juga bisa menyesuikan dengan selera dan desain rumah, karena woodplank tersedia dalam berbagai motif yang bisa kamu pilih. Dengan begitu hasil nya bisa sesuai dan lebih maksimal. Agar lebih baik dan tampil lebih indah, kamu bisa menggunakan lapisan cat berbahan dasar air sehingga hasil akhirnya lebih terlihat menonjol.  Jika ingin menggunakan woodplank pada bagian luar rumah, kamu bisa menambahkan cat yang tahan terhadap berbagai cuaca agar woodplank bisa bertahan lebih lama dan lebih kuat.

Lebih Awet Dan Tahan Lama

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

pinterest.com

Selain tidak mudah untuk terbakar dan terkana rayap, woodplank juga tidak bisa menyerap air, tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri karena rumah bisa terbebas dari lembab. Selain itu woodplank juga tidak mudah melengkung, memuai ataupun menyust. Bahkan jika terkena kotoran akan sangat mudah untuk dibersihkan.

Mudah Untuk Dipasang Dan Lebih Ramah Lingkungan

Mengenal Woodplank Kelebihan Dan Kekurangannya

kibrispdr.org

Kelebihan selanjutnya adalah woodplank sangat mudah untuk dipasang. Instalasi pemasangan woodplang cukup mudah karena kmau bisa memasangnya secara langsung pada material lain seperti metal, rangka berbahan kayu dan lain-lain, selain itu woodplank juga tidak mengandung asbes yang membahayakan. Sehingga lebih aman terhadap lingkungan.

Kekurangan Woodplank

Banyak sekali kelebihan yang sudah kita sebutkan di atas, namun tak semua material bangunan tidak terlepas dari kekurangan, terutama woodplank. Sebelum kamu membelinya alangkah lebih baik knali terlebih dahulu kurangan berikut ini

 

Memiliki Bobot Yang Lumayan Berat

Selain memiliki bentuk yang indah dan motif yang beragam, ada yang perlu kmau ketahui bahwa woodplank memiliki bobot yang sangat berat, sehingga kamu harus memastikan agar rangka yang digunakan bisa menopang dengan kuat. Meskipun pemasangannya mudah, pastikan kamu untuk memakai jasa tukang yang sudah berpengalaman agar pemasangan woodplangk bisa lebih presisi.

Mudah Tergores Oleh Benda Tajam Dan Tidak Tahan Terhadap Benturan

Kekurangan lainnya adalah woodplank tidak tahan terhadap benturan yang diakibatkan oleh benda-benda tajam dan berat. Pastikan untuk menjauhkan woodplang dari benda tajam karena material ini mudah sekali tergores, sehingga nantinya bisa merusak penampilan.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan woodplank. Penggunaan woodplank bisa menjadi alternatif untuk kamu yang menginginkan rumah yang lebih natural dan tampak mewah tanpa harus mengeluarkan dana yang lumayan besar. Karena woodplangk dijual lebih murah daripada material kayu asli.

Sumber Referensi Dekoruma.com/Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + = 16

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek