Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

pusathdpe.co.id

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

Jenis komponen penting pada ruamah hunian yang berfungsi untuk mengalirkan sesuatu seperti air, gas dan kotoran udara, tentunya kamu sudah mengetahui pipa sebagai alat atau komponen yang di perlukan pada rumah hunian. Pada umumnya jenis pipa yang di gunakan adalah dengan bahan VPC yang di gunakan sebagai pembuangan air kotor, air bekas maupun sebagai saluran untuk mengalirkan air bersih, ada begitu banyak juga kelebihan pipa jenis ini. Namun dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas jenis pipa PVC. Namun pipa yang memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis pipa pada umumnya.

Pipa tembaga, jenis pipa ini biasanya di gunakan pada rumah dalam berbagai hal, jenis pipa tembaga ini tersedia di pasaran dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan rumah hunian. Nah untuk lebih jelasnya mari mengenal jenis jenis pipa tembaga. Dengan mengetahui jenis nya tersebut diharap kamu bisa menggunakan pipa ini sesuai dengan fungsi dan kebutuhanmu. Tanpa menunggu lama-lama yuk langsung aja.

 

Apa Itu Tembaga ?

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

pusathdpe.co.id

Tembaga adalah sebuah material kimia yang memiliki karakteristik yang elastis dan mudah untuk di tempa sehingga bisa dengan mudah untuk di bentuk dan di jadikan sebagai bahan seperti pipa, kawat maupun lembaran-lembaran. Tembaga memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap korosi dan di dalam nya terdapat unsir yang tidak reaktif. Dengan begitu penggunaan tembaga akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan pada rumah.

Kegunaan pipa tembaga

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

copperfitting.com

Penggunaan pipa tembaga pada rumah hunian biasanya di gunakan sebagai saluran-saluran seperti saluran air,salruran gas, air panas, udara, oksigen dan air pada instalasi kulksas. Ada banyak bukan. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, pipa tembaga tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk gulungan, batangan panjang, pipa tembaga spiral dan lain-lain, memiliki ketebalan pipa yang berbeda-beda dan ukuran yang bervareasi sehingga kamu bisa memilih jenis pipa yang sesuai dengan kebutuhanmu

 

Jenis-jenis pipa tembaga

Berdasarkan jenis nya pipa tembaga terbagi kedalam beberapa jenis yang di bedakan berdasarkan bahan utama pada pembuatan dan karakternya. Berikut adalah jenis-jenis pipa tembaga yang bisa kamu temui di pasaran indonesia

-Crane copper

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

ciptalestari.com

Jenis tambaga yang pertama adalah crane copper jenis tembaga ini di produksi dengan baha utama yang berkualitas. Penggunaan pipa tembaga ini biasanya pada sector konstruksi, industri dan rumah tangga. Biasanya di gunakan untuk proses saluran air, limbah cair dan gas.

-Denji copper

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

globalpipa.com

Jenis pipa tembaga denji copper in Fungsinga memang untuk instalasi system pendingin dan pemanas. Biasanya denji coper di gunakan sebagai saluran pipa untuk AC

-Kembla copper

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

bunnings.com.au

Kembala copper adalah jenis pipa tembaga yang memiliki bentuk melingkar atau spiral. Biasanya jenis pipa tembaga ini difngsikan sebagai pipa pada kulkas dan AC.

 

Kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan pipa tembaga

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

Ada banyak sekali kuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita akan menggunakan jenis pipa ini.pipa tembaga biasanya sering kita lihat pada saluran-saluran air besar. Penggunaan pipa ini sering di manfaatkan pada peoyek instalasi air. Karena tembaga memiliki sifat yang tahan bocor sehingga bisa di andalkan untuk bisa mengalirkan air meskipundalam volume yang besar. Sepert yang sudah di jelaskan sebelumnya di atas bahwa pipa tembaga memiliki karakter yang sangat mudah untuk di bentuk sehingga akan sangat membantu dan mudah ketika di jadikan sebagai saluran pipa. Karena mudah di bentuk dan plefible membuat material ini mudah untuk di tekuk sehingga bisa menghemat penggunaan pengencang dan konektor pada saat pemasangan instalasi.

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

Kelebihan berikutnya adalah pipa tembaga memiliki sifat anti panas dan api oleh karena itu tembaga aman untuk di gunakan sebagai saluran gas dan saluran air panas. Pipa tembaga juga tidak akan melepaskan asap dan gas bracun jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.  Selain itu jenis pipa ini juga menjamin kebersihan air yang dialirkannya karena memiliki sifat anti karat dan antibakteri sehingga air akan tetap terjaga lebih bersih dan aman untuk keluarga.

Pipa tembaga juga memiliki kelebihan untuk membersihkan kandungan timbal saat di produksi. Pada pipa tembaga kulkas berkeri akan sulit tumbuh dan tidak akan menumbulkan bahaya pada kesehatan. pipa tembaga memiliki kekuatan yang bisa di andalkan, tahan terhadap getaran dan bisa bertahan sampai puluhan tahun.  Sehingga dengan penggunaan pipa ini kamu tidak perlu repot rusak karena mudah bocor.

Penggunaan pipa tembaga tak hanya di pasang pada dalam ruangan atau di timbun. Kamu juga bisa menggunakan pipa ini pada luar ruangan, hal ini akan aman juga karena pipa tembaga memiliki ketahanan terhadap sinar UV, selain itu jenis pipa ini mudah untuk di perbaiki jika mengalami kerusakan, memiliki bahan yang aman dan ramah lingkungan sehingga bisa untuk di daur ulang.

 

 

Kekurangan pipa tembaga yang penting kamu ketahui

Mengenal Penggunaan Pipa Tembaga Untuk Kebutuhan Rumah

jtmplumbing.co.uk

Memiliki banyak sekali segudang kelebihan yang di miliki oleh pipa tembaga ini, tentunya tidak membuatnya terlepas dari kekurangan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih jenis pipa ini. Kekurangan yang pertama mungkin dari segi harganya yang relative lumayan cukup mahal. Namun harga yang mahal tersebut sebenarnya akan terbayar dengan kelebihan yang tidak di miliki oleh jenis pipa biasa. Namun jika kamu akan membangun sebuah rumah hunian dengan butget minim mungkin kamu bisa menggunakan pipa biasa untuk menekan pembiayaan anggaran biayanya. Karena selain mahal dari segi material. Pipa tembaga ini juga membutuhkan instalasi yang lebih khusus sehingga kamu membutuhkan jasa profesional agar pemasangan bisa di lakukan dengan maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek