Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

outsideconcepts.net.au

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

penggunaan atap pada bangunan sangat lah penting untuk menjaga rumah dari terik matahari, panas dan kotoran-kotoran dari luar. Penggunaan atap pada rumah menjadi elemen yang sangat wajib. Selain melindungi rumah dari hujan dan panas, atap juga berfungsi untuk membuat rumah tetap aman dan nyaman. Ada banyak type atap yang di gunakan pada saat ini, tapi yang paling sering di gunakan antara lain adalah, limasan, pelana, atap datar, dan lain-lain.

Nah dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas mengenai jenis material atap yaitu atap fiber. Seperti yang kita ketahui bahwa fiber merupakan material yang berupa serat sintetis yang terdiri dari sejumblah bahan kimia yang di olah melalui serangkaian proses pabrikasi sehingga menjadi sebuah lembaran yang bisa di gunakan untuk atap. Jika kita bandingkan dengan jenis atap yang lain. Seperti alderon atau asbes, penggunaan atap fiber jauh lebih baik dan aman untuk di gunakan. Tidak memiliki unsur dan material yang berbahaya serta memiliki durabilitas yang prima yang baik terhadap berbagai macam kondisi. Sehingga bisa sangat cocok jika di gunakan sebagai atap pada rumah hunian yang memiliki iklim tropis seperti di Negara kita.

 

Bisa Menjadi Alternatif sebagai pengganti Kaca

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

nocurveballs.com

Membuat rumah hunian tampak lebih cerah atau memiliki pencahayaan yang lebih baik pada interior. Atap dengan material fiber bisa menjadi solusi yang lebih praktis dan mudah jika kamu menginginkan atap yang transparent. Menggunakan atap fiber pada sejumblah titik, seperti area luar rumah, gazebo, area ruang jemur, dan area taman tentunya membutuhkan pencahayaan yang lebih baik daripada ruangan lain. Terlebih pada ruangan jemur yang harus memiliki pencahayaan matahari yang melimpah untuk menjemur pakaian. Dan pada area tanaman agar tumbuhan bisa berfotosintesis dengan baik. Penggunaan atap fiber bisa menjadi solusi jika kmau tidak menginginkan atap kaca. Apalagi atap kaca biasanya membutuhkan biaya yang lebih mahal dan pemasangan yang aga rumit.

 

Cara Pemasangan Yang Jauh Lebih Mudah Dan Aman

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

garudajaya.com

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bawha pemasangan instalasi kaca lebih rumit dan membutuhkan tenaga ahli terlebih kaca memiliki bobot yang lebih berat dan beresiko jatuh karena licin. Berbeda dengan atap fiber yang lebih ringan dan pemasangan nya pun tergolong lebih mudah sehingga bisa lebih aman dan kamu tidak mengeluarkan biaya yang lebih untuk menyewa jasa ahli untuk pemasangan atap.

 

Mempunyai Dua Model

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

greataussiepatios.com.au

Ada dua jenis atap fiber saat ini. Ada yang memiliki permukaan yang rata dan ada yang memiliki permukaan yang bergelombang. Pemilihan kedua jenis atap tersebut bisa kamu sesuaikan dengan tempat dan titik di mana kamu akan memasangnya. Jika kamu membutuhkan atap yang bisa mengalirkan air secara maksimal maka pilihannya kamu bisa menggunakan atap fiber yang bergelombang. Namun untuk penggunaan kanopi biasanya  atap yang di gunakan adalah yang memiliki permukaan rata karena tampilannya lebih baik untuk rumah minimalis dan modern.

 

Memiliki Kelebihan Antibising dan Tidak mudah Bocor

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

outsideconcepts.net.au

Atap fiber memiliki kelebihan yang sangat membantu ketika kamu tidak menyukai bising pada saat hujan tiba.  Selain itu jenis atap fiber ini juga tahan karat loh, Sehingga tidak mudah bocor dan rumah kamu akan tetap aman dan nyaman bebas dari suara bising dan bocor.

 

Bisa Membuat Ruangan Tetap segar dan sejuk

Mengenal Penggunaan Material Fiber Pada atap Rumah

sunnyside.co.nz

selain anti bising dan tahan bocor. Penggunaan atap fiber juga bisa membuat ruangan lebih sejuk. Karena jenis atap ini bisa memantulkan panas matahari sehingga ruangan yang berada di naungannya bisa tetap terasa lebih sejuk dan nyaman. Jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan atap fiber . kamu bisa memilih jenis atap fiber yang sudah di lindungi dengan lapisan anti-UV yang bisa membuat atap fiber jauh lebih awet dan tidak mudah rusak.

 

Kekurangan Atap Fiber

Namun di balik kelebihan nya tersebut, atap fiber ini juga tidak terlepas dari kekurangan. Yang pertama atap fiber ini memiliki bentuk yang cenderung aga kaku sehingga akan sulit untuk di bentuk. Dan tidak bisa di sesuaikan dengan berbagai desain rumah. selain itu atap fiber yang telah di lapisi dengan warna cenderung lebih cepat luntur . karena permukaan atap fiber ini tidak memiliki pori-pori untuk membuat cat melekat sempurna.  Memiliki harga yang jauh lebih murah tentunya akan mengurangi anggaran biaya pada rumah hunian mu.

Kesimpulannya jika kamu menginginkan jenis atap anti bising ,tidak mudah bocor dan menginginkan ruangan yang sejuk namun tetap memiliki pencahayaan yang sempurna. Penggunaan atap fiber ini cocok untuk kamu gunakan pada rumah hunian mu. selain itu atap fiber juga bisa menyesuaikan dengan bangunan rumah yang memiliki desain minimalis dan modern, karena tampilannya lebih kekinian dan bisa menjadi alat dekorasi yang bisa menambah nilai estetika pada rumah.

Yupps sekian sedikit informasi mengensi atap fiber ini semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari referensi bahan material untuk bangunan rumah kamu.

 

Sumber referensi artikel : dekoruma.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek