Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

architonic.com

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

Dalam pembuatan bangunan tentunya kita tak akan terlepas dari material pendukung. Dalam penggunaan nya matrial bangunan ada banyak sekali, namun kali ini kita akan membahas mengenai material GRC yang memiliki ketahanan yang lama dan bisa di bentuk sesuai dengan keinginan untuk menunjang kebutuhan pada dekorasi rumah. Jenis material ini memiliki banyak keunggulan yang bisa kamu pilih sebagai matrial yang akan kamu gunakan pada rumah hunain.

Pada artikel ini kita akan mengulas mengenai apa itu matrial GRC dan apa saja fungsinya untuk materal bangunan.

 

Sejarah Awal Pembuatan  Material GRC

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

tokopedia.com

Jika melihat kebelakang. Material GRC pertama di kembangkan pada tahun 1960-an. Dahulu grc di gunakan sebagai alternatif dari beton yang di perkuat dengan material baja. Pada awal nya dulu GRC hanya di produksi sebagai bahan untuk melapisi bagian exterior. Namun karna perkembangan jaman dan era yang lebih maju, kini penggunaan nya bisa sebagai ventilasi dan bentuk yang lebih rumit untuk di jadikan sebagai koponen dekorasi pada sebuah bangunan.

 

Apa itu material GRC?

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

architonic.com

GRC merupakan sebuah matrial yang terbuat dari campuran beton dan serat kaca, biasanya matrial GRC terdiri dari serat kaca yang memiliki daya tahan yang tinggi dan tahan alkali, yang kemudian di campurkan dengan campuran semen seperti beton.

GRC atau Glass reindorced contracete ini memiliki fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip dengan beton. Matrial ini menawarkan daya tahan yang bisa di andalkan untuk kebutuhan rumah. Dan mudah untuk di jadikan sebagai dekorasi rumah karena memiliki bentuk yang bisa di sesuaikan untuk kebutuhan dekorasi intrior rumah maupun exterior rumah.

 

Penerapan Material GRC Pada Bangunan.

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

technologyinarchitecture.com

Penggunaan GRC sebagai kebutuhan rumah tidak terlepas dari penggunaan nya sebagai intrior dan exterior pada bangunan, dan pendukung pada elemen-elemen tiang rumah, bingkai jendela papan dekoratif, fondasi lantai dan bangunan modular.

Selain di gunakan untuk kebutuhan ada bangunan rumah atau bangunan ternyata GRC juga di gunakan untuk kebutuhan pada dunia teknik. Terhitung sudah lebih dari 2 juta mater persegi di gunakan di seluruh dunia untuk kebutuhan ini. Termasuk pembangunan jembatan.

Nantinya pasti akan banyak sekali penggunaan Material GRC Yang lebih Inovatif dengan bentuk yang lebih menarik  dan  lebih kompleks.

 

Fungsi Material GRC Pada Bangunan

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

power-sprays.com

Untuk penggunaan nya material GRC tidak cocok untuk kamu jadikan sebagai penahan atau struktur pada bagunan rumah, dinding penahan, atau di gunakan untuk menahan beban-beban tertentu. Meskipun dengan kekurangan tersebut kamu tidak boleh menyepelekan GRC untuk fungsi lain. Grc bisa kamu andalkan untuk kebutuhan rumah seperti penahan eksterior, panel dinding, permukaan solid, bak mandi, wastafel, atau bisa di jadikan sebagai pendukung dekorasi pada interior dan exterior rumah.  Penggunaan GRC tak hanya untuk rumah hunian biasa. Ada juga bangunan-bangunan gedung yang menggunakannya.

 

Kelebihan Material GRC Untuk Bahan Bangunan

Mengenal Material GRC Untuk Kebutuhan Bangunan Rumah

everest grc

Dari segi keunggulan nya pastinya material GRC ini mempunyai banyak sekali keunggulan. memiliki bobot yang lebih ringan dan pemasangan yang mudah tentunya pemasangan nya tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu Material GRC ini bisa bertahan dalam kondisi apapun. Misal nya dalam kondisi panas dan lembab.  Sehingga kamu bisa menggunakan nya di luar ruangan yang terkena padas dan di dalam ruangan yang lembab seperti di kamar mandi yang mudah terkena cipratan air. Material ini juga bisa kamu gunakan sebagai dekorasi intrior rumah karena memiliki bentuk yang dapat di sesuaikan.

 

Sumber Refernsi : Dekoruma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek