Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Lebih Dalam Cat Plitur Untuk Kayu Tampak Lebih Baik

catkayu.net

Mengenal Lebih Dalam Cat Plitur Untuk Kayu Tampak Lebih Baik

Material kayu tidak pernah terlepas dari brebagai komponen pada rumah hunian kita, mulai dari tempat bekerja, dapur, ruang tamu dan luar ruangan pastinya tidak terlepas dari berbagai material kayu. Material kayu yang umum kita kenal seperti pintu, meja, kursi jendela dan lain-lain. Tentunya material kayu ini menjadi sebuah material yang mungkin tidak akan bisa di hilangkan untuk melengkapi keindahan pada rumah. namun tahukah kamu keindahan pada kayu tidak terlepas dari warna nya yang khas dan indah. Nah yang membuat kayu tampak lebih indah dan mempunyai warna yang kren ini di bantu dengan adanya plitur. Mungkin sebagian orang ada yang menganggap bahwa plitur ini sama dengan pernis kayu. Sebelum kita telah membahas artikel mengenai pernis kayu. Namun tahukah kamu ternyata plitur dan pernis mempunyai beberapa perbedaan.

Plitur kayu akan membuat permukaan kayu menjadi terlihat lebih keren dan indah sehingga bisa menyatu dengan ruangan. pemakaian plitur pada semua jenis material kayu tentunya akan membuat warna nya terlihat lebih menyatu dan merata.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai karakteristik plitur . Tanpa menunggu lama-lama yuk langsung saja.

 

Mengenal Lebih Dalam Cat Plitur Untuk Kayu Tampak Lebih Baik

gharpedia.com

Mengecat Material Kayu dengan Plitur

Penggunaan plitur kayu sebagai cat yang bisa membuat kayu lebih mengkilap dan warna yang lebih konsisten dan terjaga. Terkadang ada sebagian orang yang menggunakan plitur untuk mengecet permukaan kayu dan setelah nya di cat menggunakan cat biasa. Penggunaan seperti itu merupakan cara yang salah Karena akan penggunaan plitur akan sia-sia. Plitur itu sendiri bisa kamu jadikan sebagai cat tanpa harus mengabungkan dengan cat lain.

Plitur adalah cat yang berbahan dasar oker, oker sendiri merupakan tanah lunak yang telah teroksidasi . oker bisa menghasilkan beberapa warna  seperti kuning, kuning keemasan dan warna coklat belap yang menyerupau warna kayu .  nah di sini perbedaan plitur dan cat biasa terletak dari hasil akhir nya . yang dimana plitur akan menghasilkan warna yang lebih mengkilap yang akan membuat nya terlihat lebih baik daripada cat biasa.

 

Mengatasi Bau Menyengat Pada Campuran Plitur

Banyak orang yang menganggap bahwa pada saat menggunakan plitur kayu bisa mengganggu pernapasan karna baunya yang menyengat dan bisa mengganggu kesehata. namun ternyata bau yang menyengat pada plitur kayu ini bukan berasal dari plitur ini sendiri.  Bau ini berasal dari campuran antara plitur dan tinner atau spirtus. Campuran bahan tersebut akan menghasilkan bau yang menyengat pada saat kamu menggunakannya pada saat mengecat.

Namun jangan khuatir bau trsebut bisa di hilangkan dengan cara menaburkan garam atau bubuk kopi pada material kayu yang baru menggunakan plitur. Namun cara yang lebih ampuh yaitu edngan menggunakan produk plitur dengan model water based yang menggunakan air untuk pelarut nya. dengan begini kamu bisa menghindari bau yang menyengat akibat dari campuran tinner atau spirtus.

 

Sebelum Di Gunakan Plitur Harus Di Encerkan

Karaktreristik lain dari plitur adalah sifat nya yang kental. Oleh karna nya kamu tidak bisa langsung menggunakannya untuk mengecat kayu secara langsung.  Jika kamu ingin menggunakan plitur pada kayu maka harus ada proses pengenceran terlebih dahulu agar plitur bisa diaplikasikan pada material kayu.  Biasanya proses pengenceran ini menggunakan tinner  atau cairan spirtus. Namun pada saat ini carian spirtus sudah jarang di gunakan karena memiliki resiko yang lebih berbahaya, jadi kamu bisa menggunakan tinner agar lebih aman.

 

Fungsi Plitur Tidak Untuk Melindungi Kayu.

Penggunaan plitur sebagai cat kayu fungsinya untuk membuat warna kayu lebih pekat dan terang.  Dengan plitur, kayu akan memiliki tampilan yang lebih segar. Namun ada hal yang harus kamu tahu bahwa plitur kayu bukan untuk melindungi kayu atau untuk membuat kayu lebih tahan lama, karena fungsi plitur kayu hanya untuk meratakan warna kayu.

Namun jika kamu ingin membuat kayu lebih awet dan terlindungi kamu bisa menggunakan pernis kayu. Karena pernis kayu bisa membuat katu lebih kuat shingga kayu tidak mudah lapuk. Namun jika di lihat dari segi warna penggunaan plitur lebih unggul karena bisa menghasilkan warna kayu lebih baik dibanding dengan pernis.

 

Penggunaan Plitur Bisa Menutupi Serat Kayu

Serat-serat pada kayu akan tertutupi  jika kamu menggunakan plitur. Agar serat-serat kayu tretutup dengan sempurna maka kamu bisa menaplikasikannya dengan cara berlawanan arah dengan arah serat kayu.   Sebaliknya jika kamu ingin membuat serat kayu tidak tertutup maka kamu bisa mengecat plitur searah dengan sert kayu. Sebelum kamu mengecat kayu maka perlu di perhatikan bahwa kayu harus dalam keadaan kering dan di ampelas terlebh dahulu  agar proses pengecatan plitur bisa lebih maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek