Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Komponen-Komponen Struktur Gedung Bagian Atas

bangunan rumah

Mengenal Komponen-Komponen Struktur Gedung Bagian Atas

rumah merupakan hunian yang menjadi tempat berlindung dan tempat beristirahat. dalam pembuatan sebuah rumah tentunya di butuhkan waktu yang sangat lama karena ada banyak sekali komponen-komponen struktur untuk membuat rumah hunian menjadi lebih kuat dan tahan lama.

untuk lebih jelas nya mari mengenal komponen-komponen yang digunakan untuk membut rumah hunian, yuk langsung saja.

Mengenal Komponen-Komponen Struktur Gedung Bagian Atas

Kolom

Kolom merupakan bagian struktur rumah yang sangat penting, karena kolom berfungsi sebagai penerus beban seluruh bangunan kepondasi. Kolom merupakan struktur utama yang menerusakan berat bangunan dan beban lain seperti beban manusia, barang-barang dan hembusan angin. kolom sangat berperan penting agar bangunan tidak mudah roboh.

Kolom pada bangunan terdiri dari besi dan beton yang tahan tarikan dan tekanan. Besi adalah material bangunan yang tahan akan tarikan dan beton adalah material yang tahan akan tekanan. Dengan menggabungkan kedua material tersebut memungkinkan kolom dan bagian struktur lain seperti slop dan balok bisa menahan gaya tekanan dan gaya tarikan pada bangunan.

Kolom memiliki dua jenis yaitu kolom utama dan kolom praktis

Kolom utama adalah struktur bangunan yang memiliki fungsi sebagai penyanggah beban utama yang berada di atasnya, kolom utama juga memiliki fungsi untuk menopang balok dan lantai pada sebuah bangunan.

Kolom praktis merupakan struktur pada bangunan yang berfungsi sebagai pengaku dinding. Baik dinding yang terbuat batubata, batako ataupun bata ringan. Kolom praktis biasanya di pasang pada bagian yang menjadi titik pertemuan antara dinding dan pada dinding penyekat.

Balok

Balok merupakan struktur bangunan yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas yang berfungsi sebagai kerangka penguat horizontal.  Adapun cara menghitung kebutuhan balok untu bangunan sebagai berikut.

a. Tinggi Balok Induk = 1/12 bentang –> 1/12 x 6 m = 0,5 m = 50 cm
b. Lebar Balok  = 1/2 tinggi balok –> 1/2 x 50 cm = 25 cm
c. Tinggi Balok Anak = 1/15 bentang –> 1/15 x 6 m = 0,4 m = 40 cm
d. Lebar balok = 1/2 tinggi balok –> 1/2 x 40 cm = 20 cm
Jadi dimensi balok induk = 25 x 50 cm sementara balok anak 20 x 40 cm. Lebar balok bisa juga dihitung 2/3 tinggi balok.

 

Plat Lantai 

Plat lantai merupakan sebuah lantai yang tidak di letakan di atas tanah secara langsung. jadi plat lantai merupakan lantai tingkat, biasanya plat lantai di gunakan pada bangunan dengan dua lantai atau lebih. Plat lantai di dukung oleh balok balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan.

Ketebalan plat lantai ditentukan oleh :

-Besar lendutan yang diijinkan

-Lebar bentangan atau jarak antara balok-balok pendukung

-Bahan konstruksi dan plat lantai

Berdasarkan aksi strukturalnya, pelat dibedakan menjadi empat (Szilard, 1974)

-Membran

-Pelat tebal

-Pelat kaku

-Pelat flexibel

 

Bahan untuk Plat lantai dapat dibuat dari :

-Plat Lantai Kayu Semen

-Plat Lantai Beton

-Plat Lantai Kayu

 

Sistem plat lantai

a) Sistem Pelat SatuSistem

b) Pelat Dua Arah

 

 Tangga

Tangga adalah suatu komponen struktur bangunan yang terdiri dari plat, bordes dan anak tangga yang menghubungkan antara lantai dengan lantai di atasnya. Tangga pada bangunan  mempunyai bermacam-macam tipe, yaitu tangga dengan bentangan arah horizontal, tangga dengan bentangan ke arah memanjang, tangga terjepit sebelah atau ditumpu oleh balok tengah, tangga spiral ,dan tangga melayang.

Tangga mempunyai dua bagian, yaitu ibu tangga dan anak tangga

Jenis-jenis tangga menurut strukturnya :

-Tangga Plat

-Tangga kantilever

-Tangga Balok

 

Dinding Geser

Dinding Geser atau dalam Bahasa inggris shear wall , merupakan suatu struktur balok kantilever tipis yang langsing vertikal, untuk digunakan menahan gaya lateral. Biasanya dinding geser berbentuk persegi panjang, Box core suatu tangga, elevator atau shaft lainnya. Dan biasanya diletakkan di sekeliling lift, tangga atau shaft guna menahan beban lateral tanpa mengganggu penyusunan ruang dalam bangunan.

Atap

Atap merupakan struktur bangunan yang berfungsi sebagai pelindung ada bagian dalam rumah dari hujan, panas, angin dan lain-lain. Atap pada daerah tropis merupakan salah satu komponen yang sangat penting, ada begitu banyak macam-macam type atap pada rumah. Struktur atap terbagai menjadi rangka atap dan penopang rangka atap. Rangka atap berfungsi untuk menahan beban dari bahan penutup seperti genteng. Penompang rangka atap merupakan balok kayu atau baja yang di susun dan di bentuk segitiga (kuda-kuda)

 

—————————————————————————

 

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?

arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.

kamu bisa hubungi kami di nomor

(0813-1658-8088)

(0878-734-62888)

 

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

 

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Sumber Referensi : civilengginering.wordpress.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek