Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Kayu Pohon Kelapa serta kelebihan dan kekurangan nya

finefurnituremaker.net

Mengenal Kayu Pohon Kelapa serta kelebihan dan kekurangan nya

Kayu merupakan komponen penting dalam pembuatan sebuah rumah.  dengan penambahan material kayu rumah menjadi tampak lebih indah. Meskipun sudah di pakai dari zaman dulu, kayu masih memiliki banyak peminat untuk di tambahkan sebagai material tambahan pada rumah. meskipun ada banyak pengganti kayu seperti almunium, PVC/UVPC, besi dan lainnya. Bahkan posisi material kayu ini mungkin tak akan hilang untuk di jadikan sebagai bahan material pada rumah.

Di Indonesia ada banyak sekali jenis dan karaktristik kayu yang bisa di temui, itu sebabnya kayu-kayu asli Indonesia tak hanya sekedar di buat untuk bahan baku furniture namun bisa menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tinggi. Selain berbagai kayu lainnya yang mempunyai kualitas tinggi seperti kayu jati dan kayu mahoni ada juga jenis kayu yang memiliki karakteristik dan kualitas yang bagus. Salah satunya adalah kayu pohon kelapa yang sering di gunakan untuk bahan furniture seperti, meja, kursi, lemari dan lain-lain.

Material kayu dari pohon kelapa juga bisa menjadi pilihan karena mempunyai kualitas dan kekuatannya yang bisa di bilang sangat baik di banding jenis kayu lainnya. Untuk lebih jelas nya jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang kayu kelapa yuk simak. Kelebihan dan kekurangan dari pohon kelapa.

 

Karakteristik Pohon Kayu Kelapa.

Mengenal Kayu Pohon Kelapa serta kelebihan dan kekurangan nya

chista.net

Kayu kelapa memiliki karaktristik yang khas disbanding kayu-kayu yang lainnya. Berikut adalah karakteristik yang dimiliki kayu kelapa :

  • Memiliki warna merah kecoklatan. Warna pohon  kelapa semakin tua maka warnanya semakin gelap.  Dan sebaliknya jika pohon kelapa yang muda maka warna kayu nya coklat terang atau coklat aga kekuningan. Kekuatan kayu kelapa tua lebih kuat di banding kayu kelapa muda.
  • Dengan serat yang kasar membuat permukaan kayu kelapa berteksture kasar. Jika usia pohonnya semakin tua maka serat nya semakin kasar.
  •  Batang pohon kelapa memiliki hasil dan kualiras kayu yang berbeda-beda. Bagian tengah pohon akan menghasilkan kayu terbaik yang terksture nya sangat kasar dan bentuk nya yang lurus. Sebaliknya bagian luar kayu memiliki bentuk yang aga melengkung ,teksture nya yang aga lunak dan seringkali masih terdiri dari kulit.
  • Memiliki ukuran yang lebih Panjang sekitar 5 sampai 30 meter.
  • Dalam proses pemilihan kayu kelapa bisa di lakukan dengan cara mengetuknya. Kayu kelapa berkualitas memiliki tekstur yang lebih padat sehingga Ketika di ketuk tidak memiliki bunyi yang nyaring.

 

Kelebihan Kayu Kelapa

Kayu dari pohon kelapa memiliki kelebihan yang akan menguntungkan kamu di saat menggunakannya sebagai furniture rumah. berikut kelebihan kayu pohon kelapa :

  • Memiliki ukuran yang lebih stabil tidak mudah melengkung jika proses fisinhing nya dilakukan dengan baik.
  • Memiliki harga yang lebih murah jika di bandingkan dengan jenis kayu lainnya seperti kayu ulin, bengkirai dan jati.
  • Bisa tahan terdahap serangan hama, gulma, rayap kutu dan jamur.
  • Dengan cirikhas serat-serat kayu yang kasar menjadikan kayu kelapa memiliki motif yang unik dan bernuansa entik.
  • Kami sarankan jika kamu peduli terdahap Kesehatan lingkungan maka pilihlah furniture jenis kayu kelapa. Karena bersifat ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis kayu langka seperti kayu ulin. Selain menghasilkan kayu yang berkuakitas. Ternyata pohon kelapa bisa menghasilkan minyak kelapa, kopra, dan produk lainnya.
  • Memiliki ketahanan yang baik, tidak mudah penyok, tergores dan rusak akibat benda tajam, contohnya paku.
  • Memiliki perawatan yang sederhana. Tidak terbilang rumit dan tidak membutuhkan banyak biaya.
  • Bisa diolah menjadi berbagai macam furniture seperti lemari, meja, kursi, ranjang dan lain-lain.

 

Kekurangan Kayu Pohon Kelapa

Selain memiliki kelebihan ternyata kayu pohon kelapa juga mempunyai kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Ketika kamu memilihnya. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

  • Cirikhas kayu kelapa yaitu memiliki serat kayu yang kasar dan bisa menghasilkan serpihan kayu tajam yang bisa melukai tangan. Namun ini bisa di hindari dengan melalui proses finishing yang rapih dan teliti agar permukaan pada kayu pohon kelapa benar-benar halus.
  • Jika kamu membiarkan kondisi kayu dalam keadaan yang lembab akan mengakibatkan permukaan kayu gampang melenting dan bisa berubah bentuk.
  • Jika kamu ingin menggunakan furniture kayu kelapa ini di outdor kami tidak menyarankanya karena jenis kayu kelapa memiliki daya tahan yang rendah terhadap air. Teksture nya akan mudah lapuk jika tekena air terus menerus.
  • Dalam pertumbuhannya pohon kelapa membutuhkan banyak air. Dengan ini kayu pohon kelapa mengandung banyak air di dalam nya dan harus melalui proses pengeringan yang lama agar bisa di proses menjadi furniture.
  • Proses pengolahannya terbilang sangat sulit karena butuh teknik yang tepat untuk mengolah serat-serat kayu yang kasar serta mengandung banyak air. Tidak mudah dalam melakukan pengolahan kayu kelapa, karena proses nya terbilang lumayan sulit dan butuh Teknik yang tepat untuk mengolah serat-serat kayu kasar dan mengandung banyak air.

Dari penjelasan di atas pasti kamu lebih mengerti tentang karakteristik, kelebihan dan kekurangan dari pohon kelapa. Semoga bermanfaat.

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

Sumber referensi : bramblefurniture.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek