Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

kayu kamper

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

Banyak sekali jenis kayu yang digunakan untuk bangunan rumah, contohnya adalah kayu kamper. Jenis kayu ini banyak sekali digunakan karena memiliki banyak sekali kelebihan terutama kualitasnya yang baik. Kayu ini banyak ditemukan di samarinda, Kalimantan timur. Meskipun berasal dari Kalimantan, saat ini sudah banyak budidaya kayu kamper di berbagai daerah di Indonesia. jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mencari kayu ini untuk kebutuhan rumahmu.

Kayu kamper memiliki aroma seperti kamper, makanya kayu ini disebut dengan kayu kamper. Kayu ini berasal dari tumbuhan denagn nama latin Cinnamomum camphora. biasanya kayu ini dimanfaatkan untuk pembuatan furniture rumah seperti kursi, lemari, kusen, meja dan lain-lain. kayu ini dapat diandalkan kerena tahan terhadap udara yang lembab dan antirayap. Nah untuk lebih jelasnya mengenai kayu kamper, dalam artikel ini kami akan mengulasnya mengenai karekteristik, kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasannya dibawah ini.

Karakteristik Kayu Kamper

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

onlineplantguide.com

Setiap kayu memiliki karakteristik masing-masing, terutama kayu kamper ini, kayu kamper memiliki teksture lebih halus, biasanya pohonya memiliki tinggi sekitar 20 sampai 30 meter dengan diameter 0,6 sampai 1,2 Meter. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kayu ini memiliki aroma seperti kamper. Memiliki pola yang lurus atau bergelombang membuatnya terlihat indah, makanya kayu ini banyak digunakan untuk berbagai jenis furniture rumah. Selain itu teksturenya bisa dirasakan oleh tangan jika disentuh.

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

thepinsta.com

Dengan warna yang merah seperti kayu mahoni namun sedikit lebih muda, warnanya pun tidak terlalu tampak mengkilau. Kayu ini juga tahan terhadap beberapa jenis hama sehingga penggunaannya akan sangat awet.

Kelebihan Kayu Kamper

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

tokbang.com

Nah setelah mengetahui karakteristik kayu kamper, kamu juga harus mengetahui kelebihan dari kayu ini agar lebih yakin saat nanti akan memilih kayu kamper untuk kebutuhan rumahmu. Kami sebelumnya sudah membahas sedikit mengenai kayu kamper pada artikel ini 5 Jenis Kayu Popular Terbaik Yang Bisa Diandalkan Untuk Bangunan, dalam artikel itu kami menyebutkan bahwa kayu kamper  memiliki kualitas yang hampir sama seperti kayu jati namun memiliki harga yang relative lebih murah. Tentunya ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang menginginkan jenis kayu yang berkualitas namun dengan butget yang murah, selain itu kayu ini juga tidak mudah diserang rayap, tidak mudah lapuk karena tidak bisa ditumbuhi oleh jamur.

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

Material kayu ini juga bisa kamu tambahkan diarea-area yang mudah lembab seperti kamar mandi, karena kayu kamper ini tahan trhadap kelembapan. Memiliki teksture serat berbentuk lurus membuatnya terlihat cantik.  Seperti yang sudah disebutkan diatas saat ini kayu kamper tak hanya tersedia di Kalimantan, namun kayu ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia, dengan begitu kamu tidak akan kesulitan untuk mencari kayu ini.

Kekurangan Kayu Kamper

Mengenal Kayu Kamper Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangannya

Setelah membahas Kelebiahnnya kamu juga harus mempertimbangkan dari sisi kekurangannya. Seperti jenis kayu yang lain, kayu kamper juga memiliki beberapa kekuangan diantaranya yaitu mudah berubah jika terlalu sering terkena cipratan air, namun kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara memasukannya kedalam oven.

Proses penghalusan kayu kamper memerlukan warktu yang lumayan lama untuk dibentuk menjadi furniture. Selain itu kayu ini juga memerlukan tekhnik pengawetan yang khusus agar kayu ini bisa bertahan lama. Beberapa metode pengawetan yang cocok diantaranya adalah diberi bubuk, direndam, Vakum Tekan, pencelupan dan pengolesan menggunakan kuas. Aroma yang dihasilkan kayu kamper mungkin akan menyebabkan alergi bagi Sebagian orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ two = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek