Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Karekteristik kelebihan dan kekurangan Pada Kayu Gaharu

Mengenal Karekteristik kelebihan dan kekurangan Pada Kayu Gaharu

Mengenal Karekteristik kelebihan dan kekurangan Pada Kayu Gaharu

Furniture berbahan kayu memang tidak pernah lepas dari komponen yang melengkapi pelengkap keindahan pada rumah. dengan menambahkan unsur kayu pada hunian rumah maka rumah akan terlihat lebih indah dan hangat. Pemanfaat berbagai jenis kayu menjadi pilihan yang menentukan kualitas dan keindahan pada hasil yang di tampilkan. Pada umumnya furniture kayu yang paling unggul dan memiliki kualitas yang sangat tinggi adalah jenis kayu jati. Pastinya siapa yang tidak mengenal jenis kayu ini. Penggunaan kayu jadi hampir menyeluruh di seluruh Negara, namun bahasan kita kali ini bukan membahas mengenai kayu jati. Dalam artikel ini kita akan membahas jenis kayu yang tidak kalah berkualitas dan popular, kayu ini di sebut dengan kayu gaharu.

kayu gaharu adalah jenis kayu yang berasal dari beberapa spesies pohon dari genus aquilaria, khususnya jenis A. Malaccensis. Jenis kayu ini umumnya memiliki karakteristik warna yang hitam pekat yang khas dan juga mengandung kandungan resin pada bagian gubalnya.  Kandungan resin di dalam nya bisa di gunakan untuk membuat bahan wangi-wangian karena memiliki aroma harum yang sangat khas.

Selain bisa di gunakan untuk membuat bahan wangi-wangian. Jenis kayu ini biasanya di gunakan untuk membuat aksesoris, dekor rumah, dan berbagai kerajinan lainnya. Untuk lebih jelas nya mari kita kenali karakteristik jenis kayu gaharu, kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal Karekteristik kelebihan dan kekurangan Pada Kayu Gaharu

Mengenal Karekteristik kelebihan dan kekurangan Pada Kayu Gaharu

Karakteristik

Kayu gaharu tumbuh di habitat alami biasanya di temui di kawasan pedalaman Kalimantan, sumatera dan Nusa Tenggara Timur. Untuk bisa di panen jenis kayu gaharu membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu 25 tahun, inilah yang menjadi penyebab mahal nya jenis kayu tersebut. Kayu gaharu bisa tumbuh mencapai ketinggian 35 centimeter hingga 40 centimeter. Dengan diameter bisa mencapai 60 centimeter.

Bagian dalam kayu gaharu yang berusia 25 tahun bisa menghasilkan resain yang unik yang berasal dari bakteri fusarium sp.  Keneradaan resain membuat kayu gaharu mengeluarkan aroma yang khas yang sering di manfaatkan sebagai bahan pewangi alami. Resain pada pohon gaharu di tandai dengan warna hitam pada bagian tengah kayu nya.

Karena membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menghasilkan resain maka para petani gaharu biasanya menyuntikan bakteri sejak kayu gaharu berusia minimal 5 tahun agar nantinya proses pembentukan resain bisa lebih cepat.

Pada kayu gaharu kualitas di klarifikasikan berdasarkan grade. Jenis kayu gaharu yang memiliki teksture yang padat akan menghasilkan daya jual yang lebih tinggi.  Jenis kayu dengan harga yang tinggi biasa nya di sebut sebagai super king dengan harga yang bisa mencapai ratusan juta rupiah.  Jenis kayu gaharu yang ada di Indonesia di kategorikan komoditas yang memiliki harga yang cukup tinggi yang di ekspor ke sejumblah Negara-negara besar seperti oman, cina, arab, singapura, dan jepang.

 

Setelah mengenal beberapa karakteristik di atas, selanjutnya kita mengetahui kelebihan dan keurangan yang di miliki jenis kayu gaharu.

Kelebihan

Berikut adalah kelebihan jenis kayu gaharu yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu yang akan memilih jenis kayu ini untuk kebutuhan dekorasi rumah atau lainnya.

  • Karna memiliki bobot yang berat dan teksture yang keras jenis kayu ini bisa menghasilkan hasil furniture atau perabotan yang bisa bertahan sangat lama.
  • Memiliki tampilan seat-serat kayu yang unik yang bisa membuat furniture tambak lebih menarik dan terkesan memiliki unsur kemewahan.
  • kayu gaharu merupakan jenis kayu yang kuat terhadap cuasa dan memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada jenis kayu lainnya.
  • Memiliki aroma khas yang dihasilkan dari kayu gaharu membuatnya bisa tahan  terhadap serangan rayap dan hama.

Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihan jenis kayu gaharu, selanjutnya kita akan mengetahui kekurangan yang di milikinya.

  • Untuk memiliki kayu gaharu tentunya kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih. Karena kayu ini terkenal mahal, bahkan untuk harga satu kilogram nya saja kayu ini dihargai dengan harga mencapai pulihan juta loh. Harga yang benar-benr cukup pantastis. Karena harga nya yang mahal tidak banyak orang yang memiliki furniture dengan bahan kayu gaharu, mungkin hanya kalangan-kalangan tertentu saja yang memilikinya.
  • Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, untuk bisa di panen, kayu gaharu membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 25 tahun. Karena memiliki proses pertumbuhan yang sangat lama. Harga nya pun sangat mahal dan stok nya pun terbilang sangat langka. Oleh karena itu para petani berusaha melakukan budidaya pohon gaharu agar bisa menstabilkan persediaan kayu tersebut.
  • Karena memiliki bobot yang sangat berat, jenis furniture kayu gaharu sangat sulit untuk di pindahkan

 

 Sumber Referensi : bramblefurniture.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek