Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Jenis Material Plaster Gypsum Kelebihan dan Kekurangan

zkg.de

Mengenal Jenis Material Plaster Gypsum Kelebihan dan Kekurangan

Mengetahui jenis material bahan bangunan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam sebauh bangunan. Karena jenis material bangunan tentunya akan menentukan kualitas hasil akhir dari bangunan tersebut, bangunan dengan tembok yang mudah retak mungkin bisa jadi karena jenis material yang di gunakan kurang memiliki kualitas yang bagus. Nah dalam artikel ini kita akan mengulas kelebihan dan kekuarangan dari plester gypsum. Plester merupakan sebuah finising yang digunakan pada bangunan terutama pada tembok rumah.  Dengan memberikan plesteran permukaan tembok yang kasar bisa menjadi halus dan memberikan kesan yang lebih rapih.

Melakukan plesteran pada dinding rumah memberikan kesan indah selain itu bisa juga melindungi batu bata dari angin dan hujan.  Ada banyak bahan-bahan plesteran yang beredar di pasaran. Mulai dari plaster kapur, plaster  tanah liat, plaster lumpur, plaster semen dan plaster gypsum. Tentunya dari berbagai plaster tersebut  memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bahan plaster yang paling popular adalah jenis plaster semen,jenis plaster ini sudah menjadi andalan sejak dari dulu. Namun pada perkembangan saat ini jenis plaster gypsum juga sudah mulai banyak yang menggunakan dan bisa menggantikan plaser semen dan kapur.  Untuk lebih jelas nya kita bahas lebih dalam di artikel ini mengenai plaster gypsum untuk bangunan rumah.

Apa itu plaster gypsum?

Mengenal Jenis Material Plaster Gypsum Kelebihan dan Kekurangan

indonesian.alibaba.com

Plaster gypsum merupakan material gypsum yang digunakan untuk bahan pengikat. Material ini adalah penyemenan putih yang dibuat dengan dehidrasi mineral gypsum sebagain atau seluruhnya. Jika bubuk gypsum dicampurakan dengan air maka akan mengeras. Bahan ini bisa gunakan pada permukaan bata, balok dan beton untuk membuat permukaan yang halus. Cara menggunakan plaster ini sangat lah mudah. Kamu haya menambahkan air sesuai dengan kadar yang di butuhkan, plaser gypsum bisa memberikan sifat akustik dan termal yang baik dan bisa membuat permukaan dinding lebih halus dan rata.

Tentunya dengan permukaan yang rata dan halus akan membuat tampilan interior pada rumah semakin indah, kamu bisa menambahkan cat yang berkualitas tinggi dan pelapis dinding lain. Plaster gypsum juga bisa di terapkan pada permukaan tembok yang kasar maupun halus.

 

Penyimpanan Bahan Plester Gipsum

Untuk meletakan atau menyimpan plaster gypsum, hindari menyimpan di permukaan atau tempat yang mudah lembab, karna itu bisa membuat kekuatan plaster gypsum berkurang. Kamu bisa membungkus nya dengan kantong plastik dan taruh di tempat yang kering . pada umumnya plaster gypsum bisa bertahan 3-4 bulan sejak tanggal pembuatannya. Namun jika kamu bisa menyimpannya dengan baik di tempat  dengan suhu dan kelembaban yang sesuai, umur simpan gypsum bisa sampai 6 bulan atau lebih. Jadi hal ini sangat penting untuk bisa memakainnya di kemudian hari jika di butuhkan.

 

Kelebihan

Sebagai plaster pada bangunan, berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh plaster gypsum ketika kita menggunakan nya untuk bahan bangunan rumah.

  1. Proses pemasangan nya sangat cepat sehingga bisa menghemat waktu dan pengerjaan proyek pembangunan lebih cepat dan efisien.
  2. Karena pengerjaan nya yang cepat tentunya dalam proses pengeluaran biaya pembangunan untuk tukang lebih hemat.
  3. Sangat mudah di gunakan untuk hasil akhir yang bagus.
  4. Pada plester gypsum tidak diperlukan proses curing yang bisa menghemat air dan waktu pada bangunan
  5. Bahan Gypsum menunjukkan sifat ikatan. Oleh Karenanya hanya butuh satu lapisan untuk plafon, dinding bata-bata internal, blok AAC dan kolom beton sudah cukup.
  6. Menggunakan plester gypsum akan membuat ruangan tampak terasa lebih indah dan bersih karena warnanya putih dan bersih.
  7. Bisa diterapkan pada bentuk yang berbeda untuk keperluan dekorasi.
  8. Karena plaster gypsum bisa memberikan hasil akhir yang halus dan rata bisa menerima semua jenis cat.
  9. Bisa memperoleh berbagai permukaan dan kekerasan terksture pada tembok
  10. Jenis plaster gypsum tidak terpengaruh oleh serangan  serangga dan bisa menghindari pertumbuhan jamur.

 

Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang akan didapatkan jika menggunakan material plester gipsum :

  1. Pada ketebalan yang sama. Jenis plaster gypsum ini ternyata lebih mahal daripada plaster semen. Namun di daerah-daerah yang sulit memperoleh semen, jenis plaster gypsum ini akan lebih ekonomis.
  2. Jenis plaster gypsum tidak di sarankan untuk penggunaan luar luarngan  karena akan mudah terkena cipratan air dan kelembapan. Dan area-area yang terus menerus lembab karena bisa mengurangi kekuatan plaster gypsum. Namun kamu bisa mengakalinya dengan memberikan cat berkualitas serti no drop atau aquaprof, namun justru itu akan menambah biaya pembangunan.

 

Itulah kelebihan dan kekurangan material plaster gypsum, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang akan membangun rumah impian, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = eleven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek