Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Jenis Lantai Beton pada rumah Kekurangan dan kelebihannya

lantai beton

Mengenal Jenis Lantai Beton pada rumah Kekurangan dan kelebihannya

Lantai merupakan sebuah pijakan pada rumah atau bangunan. Ada banyak macam-macam jenis lantai jika kita lihat dari bahan pembuatan nya, umumnya yang sering kita temui saat ini adalah lantai dengan material kramik. Jenis keramik ini banyak sekali di gunakan pada bangunan dan rumah-rumah hunian. Karena harga nya murah, mempunyai banyak motif dan pemasangan nya yang tidak rumit menjadi pilihan banyak orang. Namun dalam dunia konstruksi bangunan.

Tahukah kamu jenis lantai yang yang dulu popular sering di gunakan oleh bangunan dan rumah-rumah jaman dulu dan sekarang.  Jenis lantai beton menjadi jenis lantai yang sudah sangat lama di gunakan dari dulu.  Sekarang pun lantai beton masih banyak di gunakan pada bangunan rumah, nah dalam artikel kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan jenis lantai beton unruk bangunan rumah.

Mengenal Jenis Lantai Beton pada rumah Kekurangan dan kelebihannya

Penggunaan lantai beton

pada era jaman sekarang sepertinya kita sudah tidak pernah lagi menemui lantai beton yang dijadikan sebagai lantai utama pada bangunan rumah. lantai beton biasanya di gunakan di garasi, carport, tempat parker, taman,jalan dan lain-lain. Penggunaan lantai beton pada garasi, carport dan tempat parkir sangat memudahkan mobil masuk dan tidak mudah selip karena permukaan nya bisa di buat kasar.

Berikut adalah kelebihan jenis lantai beton yang perlu kamu ketahui sebelum kamu akan menggunakan nya pada bangunan rumah.

Kelebihan Lantai Beton

-Untuk Penggunaan Jalan

Apakah kamu sering menemui jalan kecil atau besar yang terbuat dari beton. Tentu ini menjadi pilihan yang bagus selain sangat mudah dalam pembuatan nya, ternyata jalan yang terbuat dari beton ini mempunyai kelebihan yaitu tidak berbau, tidak mengandung zat kimia, dan yang paling penting tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

-perawatan nya yang mudah

Lantai beton tidak terlalu memerlukan perawatan yang rumit. Karena jenis lantai ini tidak menyerap noda dan kotoran smasekali.  Kamu cukum menggunakan lap atau kain yang di basah . atau kamu bisa menyemprotkan air ke permukaan lantai yang kotor.

-bisa bertahan lama

Jenis lantai beton mempunyai kekuatan yang luar biasa dan bisa bertahan lebih lama, oleh kaerna itu seperti yang sudah kita singgung di atas bahwa beton bisa di jadikan sebagai jalan. Jenis lantai beton jika di rawat dengan baik ternyata bisa bertahan sampai ratusan tahun. Tentunya itu tergantung juga dari material pendukung nya seperti semen, pasir, krikil dan campuran air yang pas.

 

 

Kekurangan Lantai Beton

-Lembab dan Berlumut

pada permukaan lantai beton biasanya jika tidak di perhatikan betul dalam pembuatan nya maka akan terdapat permukaan yang tidak rata. Jenis lantai ini mudah menyerap air dan udara yang bisa menyebabkan lantai menjadi lembab dan mudah berumut.  Jadi selalu pastikan permukaan lantai tidak ada yang berlubang .

-permukaan yang Keras

Kekurangan lain ketika memiliki lantai yang sangat tahan lama adalah sifat lantai yang sangat keras. Sehingga akan menimbulkan rasa kurang nyaman khususnya untuk orang tua dan anak-anak. Disarankan perlu menggunakan alas kaki ketika berjalan diatas lantai beton ini.

-aga sulit di perbaiki

Lantai beton mempunyai permukaan yang keras dan padat jadi ketika berlubang maka solusi nya adalah di tambal dan ini bisa membuat tampialn lantai beton menjadi kurang indah. Hal ini membuat jenis lantai beton termasuk jenis lantai yang sulit untuk di perbaiki karena permukaan nya yang keras.

 

Sumber Referensi : tunjukmaterial.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek